Jagung merupakan salah satu makanan favorit di dibeberapa daerah di Indonesia. Jagung dapat dijadikan sayur dan cemilan. Dibeberapa tempat dapat kita jumpai makanan jagung rebus dan jagung bakar. Selain rasanya yang enak, jagung manis ternyata banyak memiliki manfaat kesehatan.


Apa saja manfaat kesehatan dari jagung manis?

Berikut ini beberapa manfaat jagung bagi kesehatan:

Jagung manis diketahui dapat membantu untuk meningkatkan kekuatan mata. Kandungan pgimen Zeaxanthin dalam jagung manis dapat membantu melindungi mata dari degenerasi makula. Selain itu juga kaya akan beta karoten dan asam folat yang diketahui dapat mencegah berbagai jenis penyakit mata.


Jagung manis kaya akan kandungan tiamin dan vitamin B1. Kedua nutrisi tersebut dapat membantu meningkatkan kekuatan memori otak serta dapat mencegah masalah memori yang terkait usia. Selain itu jagung manis juga efektif dalam mengurangi risiko penyakit Alzheimer.


Kandungan folat (vitamin B9) dalam jagung manis dapat membantu menurunkan asam amino yang hadir dalam pembuluh darah. Peningkatan kadar asam amino menyebabkan masalah pada pembuluh darah, yang kemudian dapat menyebabkan masalah jantung. Dengan mengonsumsi jagung manis dapat menjaga kesehatan jantung Anda.

4. Mencegah kanker paru-paru

Jagung manis juga berperan penting dalam menjaga kesehatan paru-paru. Ini dibuktikan dari hasil penelitian terbaru yang mengungkap bahwa jagung manis dapat mencegah kanker paru-paru. Kandungan beta cryptoxanthin dalam jagung manis, ketika diserap oleh tubuh akan menjadi vitamin A. hal tersebut dapat mencegah perkembangan kanker paru-paru dan juga kanker jenis lainnya.

5. Meningkatkan kekuatan tulang

Mangan, seng dan tembaga dalam jagung manis dapat membantu untuk meningkatkan kekuatan tulang. Ketiga nutrisi tersebut juga dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh arthritis pada wanita.

6. Mencegah otot kaku

Magnesium dalam jagung manis dapat membantu dalam mencegah kejang dan kekakuan otot dalam tubuh.


Kandungan vitamin C dalam jagung manis dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah flu. Selain itu protein dalam jagung manis juga menyediakan energi untuk tubuh.


Jagung manis merupakan salah satu sumber dari zat besi. Nutrisi tersebut dapat membantu mencegah anemia. Kandungan ini juga dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin normal tubuh. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi sereal jagung juga dapat meningkatkan hemoglobin hingga 50 persen dalam sebulan. Selain zat besi, asam folat dalam jagung manis juga dapat mencegah anemia.


Konsumsi jagung manis dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Minyak jagung juga efektif untuk mempertahankan tingkat kolesterol normal tubuh.

Semoga bermanfaat.

Catat Ulasan

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK