Manfaat Daun Mint Untuk Redakan Pilek dan Asma
Cuaca yang berubah bisa menjadi salah satu penyebab pilek. Contohnya pada udara dingin, pilek dan asma seringkali menyerang. Apalagi bagi mereka yang menderita asma, pada keadaan udara dingin serangan asma lebih sering muncul dibanding cuaca lainnya.

Ada beberapa bahan alami yang dapat mencegah pilek dan asma. Salah satu diantaranya adalah daun Mint. Daun tersebut memiliki bau yang kuat dan bisa membuka saluran udara sehingga memudahkan pernapasan. Selain itu daun mint juga dapat membantu mengeluarkan lendir pada penderita pilek dan asma. Kandungan zat anti bakteri dan anti peradangan dalam daun Mint mampu mencegah peradangan pada saluran pernapasan penderita asma.

Seperti dilansir oleh merdeka.com berikut empat cara daun mint untuk meredakan pilek dan asma:

1. Jika disertai batuk, gunakan satu tetes ekstrak mint pada air hangat dan hirup uapnya melalui mulut dan keluarkan uap tersebut dari hidung. Hal ini membuat ekstrak mint melewati tenggorokan dan hidung sehingga dapat melegakan tenggorokan dan hidung.

2. Bagi pasien asma menghirup uap ekstrak mint akan melegakan saluran pernapasan dan membuat zat antibakteri serta anti peradangan masuk ke saluran pernapasan. Dengan cara ini dapat meredakan pembengkakan pada tenggorokan dan bronkus sehingga dapat melegakan pasien asma.

3. Cara lain penggunaan daun mint adalah dengan menambahkan mint pada teh. Ini merupakan cara yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyembuhkan pilek.

Selain dicampurkan dengan teh, anda juga dapat menambahkan beberapa lembar daun mint yang sudah dihancurkan ke dalam air panas, lalu tambahkan beberapa potong jahe yang juga telah dihancurkan. Biarkan hingga mendidih, lalu beri sedikit madu untuk menambah rasa. Perlu diketahui bahwa jangan menambahkan terlalu banyak madu karena bisa menyebabkan konstipasi.

4. Jika anda sering mengalami batuk, demam, dan asma, cobalah menanam mint dan tempatkan di luar jendela. Ini akan membuat aroma masuk keruangan anda dan anda dapat menghirupnya setiap hari. Selain menjadi aroma terapi, bau mint juga bisa menyegarkan udara.

Mudah bukan? Anda dapat mencobanya dirumah untuk mendapatkan manfaat dari daun mint ini. Semoga bermanfaat.

Catat Ulasan

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK