Manfaat Kayu Manis Bagi Penderita Diabetes
kayu manis
Kayu manis biasa digunakan sebagai penyedap/pengharum aroma makanan dan minuman, tapi tahukah anda selain itu kayu manis memiliki manfaat dapat mengendalikan kadar gula darah. Sehingga kayu manis sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita penyakit diabetes.


Penggunaan kayu manis sebagai obat telah dilakukan oleh para ahli pengobatan (tabib) cina sekitar 2.700 tahun yang lalu. Mereka menggunakan kayu manis untuk mengobati penderita diabetes. Selanjutnya penelitian dilakukan oleh ahli dari Pakistan yang menemukan bahwa kayu manis dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah penderita diabetes mellitus tipe 2 seperti dikutip buku 'Rahasia Terkini Awet Sehat' yang ditulis oleh dokter Phaidon L. Toruan M.M. dan dokter Widya Murni, yang dilansir oleh Healt Liputan 6.

Para ahli herbal Thomas dan Duethi menjelaskan bahwa senyawa yang terdapat dan mendominasi dalam kayu manis adalah :

1. Minyak atsiri
2. Safrole
3. Eugenol
4. Tannin
5. Cinnamaladehyde
6. Kalsium oksalat
7. Zat penyemak
8. Dammar

Dari senyawa-senyawa tersebut masih banyak lagi senyawa lainnya. Namun jika didasarkan pada jumlah kadar senyawa dalam kayu manis, maka senyawa Cinnamaldehyde-lah yang paling besar yang jumlahnya sekitar 70% dari berat total kayu manis.

Senyawa yang terkandung di dalam kayu manis inilah yang berguna dalam dunia pengobatan. Selain dapat mengontrol kadar gula darah kayu manis juga bermanfaat untuk mencegah masuk angin, mengobati tekanan darah tinggi, asma, rematik, batuk, sariawan dan masih banyak lagi lainnya.


Itulah manfaat kayu manis untuk mengontrol kadar gula dalam darah sehingga baik untuk penderita diabetes. Semoga bermanfaat.

Catat Ulasan

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK