Khasiat Tomat Bagi Kesehatan. Tomat merupakan buah-buahan yang gampang kita temui di area sekitar. Selain sebagai bahan pembuatan makanan ternyat tomat mempunyai fungsi bagi kesehatan. Apa Saja Kandungan Buah Tomat Yang Berguna Untuk Kesehatan? Mari kita simak dibawah ini


Vitamin A
Untuk menjaga kesehatan mata indah anda, tomat adalah buah yang tepat karena kandungan vitami A yang berguna untuk menyehatkan mata.

Vitamin B
Untuk menjaga kesehatan kulit, buah tomat mengandung vitamin B3 dan B9 yang mempercepat proses regenerasi sel kulit sehingga tetap awet muda.


Vitamin C
Kandungan vitamin C di dalam buah tomat sudah terbukti lebih tinggi dibandingkan buah jeruk. Semakin matang buahnya maka semakin tinggi nilai gizi buah tomat.

Zat besi
Konsumsi buah tomat secara teratur setiap hari juga mampu menambah darah karena manfaat zat besi di dalamya.

Mengkonsumsi buah tomat secara rutin bagi kesehatan adalah untuk kesehatan penglihatan, kulit, pencernaan, hipertensi, diabetes, infeksi kemih karena kandungan vitamin dan mineral buah tomat dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular yang aktif. buah tomat merupakan salah satu kekayaan alam dari bagian integral. Antioksidan yang terkandung pada buah tomat mampu melawan berbagai macam terjadinya serangan kanker dengan mengkonsumsi buah tomat secara teratur tetapi juga tidak berlebihan mengkonsumsinya mampu menciptakan hidup sehat dengan terciptanya rasa aman dan nyaman tanpa keluhan.

Mengkonsumsi buah tomat 1/hari memberi tambahan 38% vitamin C, A, K, kalium dan besi. berikut beberapa kandungan yang terdapat pada buah tomat

  • Kandungan vitamin A pada buah tomat dapat meningkatkan visi untuk mencegah kebutaan malam dan degenerasi makula ( masalah penglihatan )
  • Kandungan buah tomat menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah
  • Kandungan likopen pada buah tomat dapat mencegah oksidasi lipid dalam darah
  • Kandungan buah tomat dapat menjaga sistem pencernaan dengan mencegah sembelit, diare, penyakit kuning dan menghilangkan racun dalam tubuh
  • Kandungan asam coumaric dan asam klorogenat pada buah tomat dapat melawan nitrosamine
  • Menkonsumsi buah tomat mengurangi risiko terkena hipertensi
  • Kandungan buah tomat mengurangi stres oksidatif pada penderita penyakit diabetes
  • Kandungan buah tomat menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Kandungan buah tomat menjaga kesehatan rambut dan tulang kulit
  • Kandungan topikal jus tomat dapat menyembuhkan sunburns
  • Kandungan buah tomat melindungi kulit terhadap persiapan penuaan
  • Kandungan buah tomat dapat mengurangi terjadinya infeksi saluran kemih
  • Kandungan buah tomat dapat mengurangi terjadinya kanker kandung kemih
  • Kandungan buah tomat dapat melarutkan batu empedu
  • Kandungan buah tomat dapat melawan radikal bebas
  • Kandungan buah tomat dapat melawan penyakit kenker prostat
  • Kandungan buah tomat dapat melawan penyakit kenker serviks
  • Kandungan buah tomat dapat melawan penyakit kenker lambung
  • Kandungan buah tomat dapat melawan penyakit kenker rektum
  • Kandungan buah tomat dapat melawan penyakit kenker faring
  • Kandungan buah tomat dapat melawan penyakit kenker esofagus
  • Kandungan buah tomat dapat melawan penyakit kenker payudara
  • Kandungan buah tomat dapat melawan penyakit kenker mulut

Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Tubuh:

1. Sebagai Sumber Anti Oksidan
Salah satu senyawa terpenting yang terdapat di dalam tomat adalah senyawa lycopene, yang merupakan salah satu jenis antioksidan penting. Lycopene memiliki fungsi melawan sel-sel kanker dan berbagai jenis komplikasi masalah kesehatan yang menyertainya. Sel-sel kanker ini umumnya terbentuk akibat banyaknya radikal bebas di dalam tubuh kita. Radikal bebas ini bisa menjadi sangat berbahaya karena mampu merusak sel jaringan tubuh, yang mengakibatkan berbagai jenis penyakit mulai dari tumor, penyakit ginjal, hingga kanker.

Antioksidan lycopene sangat efektif dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh. Mengingat antioksidan ini tidak bisa diproduksi di dalam tubuh secara alami, maka mengkonsumsi makanan yang mengandung lycopene secara teratur menjadi sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Di antara banyak jenis makanan yang mengandung lycopene, tomat adalah pilihan terbaik karena kandungannya paling banyak.

2. Sumber Vitamin dan Mineral Alami
Banyaknya kandungan vitamin dan mineral membuat manfaat tomat untuk kesehatan tubuh kita menjadi semakin penting. Dalam 100 gram tomat, terdapat 360 mg kalium, 27 mg fosfor, 23 mg vitamin C, 11 mg kalsium, 0,56 mg thiamine, 6 mg besi, 20 mg kalori, 1000 UI vitamin A, 1 gram protein, dan vitamin K. Melihat jumlah variasi vitamin dan mineral yang dimiliki tomat, sepertinya tidak berlebihan jika tomat disebut sebagai multivitamin dan suplemen alami yang sangat baik, lebih baik dari suplemen buatan. Selain alami dan diserap tubuh lebih baik, tomat relatif lebih murah dibanding suplemen obat buatan manusia.

3. Mengatasi Anemia
Lemah, letih dan lesu adalah beberapa tanda-tanda ketika seseorang mengidap anemia atau penyakit kurang darah merah. Tidak perlu buru-buru membeli obat atau suplemen penambah darah yang mahal, tapi cukup dengan memakan dua buah tomat sehari. Tomat memang mengandung banyak zat besi yang memiliki tugas penting dalam meningkatkan sel darah merah. Dengan mengkonsumsi tomat setiap hari secara teratur, tubuh kita akan menjadi sehat dan bugar.

4. Memelihara Kesehatan Jantung
Kandungan kalium dan vitamin B pada tomat mampu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Secara otomatis, kedua senyawa ini juga berkhasiat dalam mencegah penyakit yang diakibatkan kolesterol, seperti penyakit jantung dan stroke.

5. Meredakan Diabetes
Tomat mengandung karoten jenis likopen yang memiliki manfaat sebagai anti diabetes. Tim peneliti dari Poltekkese Bhakti Setya Indonesia-Yogyakarta melakukan penelitian mengenai kemampuan buah ini dalam menurunkan kadar gula darah. Hasilnya, ekstrak buah tomat memberi pengaruh yang cukup berarti dalam menurunkan kadar gula darah tikus putih jantan dengan kadar gula di atas normal. Penelitian lain yang dilakukan oleh Journal of American Medical Assosiation membuktikan bahwa konsumsi tomat 2 kali sehari dapat mengurangi stres oksidatif diabetes tipe 2.

6. Mencegah dan Mengobati Kanker
Seperti yang sudah di sebut di atas, tomat kaya akan antioksidan lycopene yang berkhasiat mengatasi radikal bebas penyebab kanker. Beberapa penyakit kanker yang dapat dicegah oleh tomat antara lain kanker prostat, kanker usus besar, kanker payudara, kanker paru-paru dan kanker penkreas.

7. Meningkatkan stamina, gairah dan kuantitas sperma
Stamina yang loyo, lesu bisa diakbatkan kurangnya sel darah merah. Sedangkan gairah seseorang bisa menurun akibat timbunan kolesterol dalam tubuhnya. Kolesterol ini juga terbukti menjadi penyebab tidak perkasanya seorang pria dalam bercinta (lemah sahwat). Namun permasalahan di atas dapat diatasi sekaligus oleh buah tomat yang memang mampu meningkatkan sel darah merah sekaligus menyingkirkan kolesterol dari tubuh. Selain itu tomat juga berkhasiat dalam meningkatkan jumlah sperma, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang ingin segera memiliki momongan.

8. Menyehatkan Kulit
Tomat memiliki vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh kulit. Mengkonsumsi tomat secara teratur dapat memperbaiki tekstur dan warna kulit, terutama kerutan halus di sekitar wajah karena faktor bertambahnya usia. Tomat juga mengandung asam sitrat yang mampu mengangkat kotoran dan lemak di wajah. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari tomat ini, gunakan masker tomat 2 kali dalam seminggu, maka Anda pun akan terhindar dari jerawat dan kulit berminyak.
Setelah kurang lebih 10 menit menggunakan masker tomat, wajah akan nampak cerah dan bersinar. Dalam jangka panjang, wajah Anda pun akan terlihat lebih muda. Hal ini karena selain mengurangi kerutan wajah, kandungan lycopene pada tomat juga mampu mengurangi bintik hitam akibat sinar matahari.

9. Menyehatkan Mata dan Rambut
Kandungan vitamin A yang cukup banyak pada tomat tidak hanya bagus untuk mata, tetapi juga baik untuk kesehatan dan kekuatan rambut.

10. Menambah Nafsu Makan
Manfaat lain dari tomat adalah menambah nafsu makan. Ini berkat banyaknya kandungan garam mineral dalam tomat yang mampu merangsang air liur sekaligus membuat makanan mudah dicerna tubuh.
Manfaat Buah Tomat Untuk Kulit Wajah Lebih Halus

Selain itu Buah tomat memiliki manfaat penting untuk membuat kulit wajah lebih halus dan sehat secara alami. Khasiat buah tomat bisa anda dapatkan dengan memakai masker tomat dicampur putih telur ayam. Kandungan vitamin di dalamnya berguna untuk merawat kulit tetap sehat, mulus dan terlihat awet muda.
Selain mengkonsumsi secara langsung, manfaat buah tomat juga bisa diperoleh dengan membuat masker buah untuk wajah. Vitamin dan nutrisi yang terkandung di dalamnya berfungsi menghaluskan kulit wajah sehingga terawat kesehatan dan kehalusan nya.

Perawatan wajah cantik kali ini akan memanfaatkan dua bahan alami yaitu buah tomat dan putih telur. Khasiat putih telur untuk kulit cantik sudah lama digunakan oleh wanita dari jaman dahulu. Manfaat buah untuk wajah juga banyak dipakai sebagai bahan dasar produk kosmetik kecantikan.

#snf

Catat Ulasan

  1. Tomat bagus sekali untuk prostat juga, untuk memperbaiki stamina yang loyo bisa dibantu dengan suplemen obat kuat pria alami SUpervira [ http://goo.gl/hzFpPY ]

    BalasPadam

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK