Fakta Sayuran Hijau Baik Untuk Jantung
Banyak tipe tipe orang dalam memilih makanan. Ada yang suka sayuran dan buah-buahan adapula yang suka makan daging. Nah bagi mereka yang suka makan sayuran, apalagi sayuran hijau ada kabar gembira. Sayuran hijau ternyata dapat menjaga kesehatan jantung anda loh.


Seperti dilansir laman merdeka.com peneliti dari Universities of Cambridge dan Southampton mengatakan bahwa kadar nitrat dalam sayuran berdaun hijau baik untuk kesehatan jantung. Fungsi nitrat dalam sayuran untuk mengencerkan darah dan mencegah penggumpalan darah, serta penyumbatan pada pembuluh darah. Sehingga aliran darah dalam tubuh menjadi lancar. Tahukah anda bahwa salah satu penyebab serangan jantung dan stroke adalah karena adanya penyumbatan pembuluh darah.

"Nitrat yang didapatkan dari sayuran akan mengontrol pengiriman oksigen pada sel dan jaringan serta penggunaannya. Nitrat akan menyeimbangkan antara kebutuhan dan suplai oksigen. Ini akan membantu memastikan tubuh mendapatkan asupan oksigen yang cukup tanpa kekurangan atau berlebihan," ungkap Dr Andrew Murray, peneliti dari Cambridge, seperti dilansir oleh Daily Health Post.

Lebih lanjut ketua peneliti Dr Tom Ashmore menjelaskan bahwa sayuran hijau harganya terjangkau sehingga kita dapat lebih mudah mendapatknya untuk memenuhi asupan nitrat dalam tubuh. Nitrat dapat lebih banyak didapat dengan mengonsumsi sayuran hijau atau buah bit.
Selain itu ada beberapa jenis sayuran yang mengandung nitrat yaitu bayam, selada, buah bit, wortel, peterseli, kubis, lobak, seledri, dan lainnya.


Nitrat memang baik bagi kesehatan, tetapi yang perlu anda perhatikan bahwa jangan terlalu banyak mengonsumsi nitrat. Hal ini karena kadar nitrat yang terlalu tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan keracunan. Semoga bermanfaat.

Catat Ulasan

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK