Penyakit anemia dikenal juga dengan istilah �kurang darah�. Anemia sendiri merupakan sebuah kondisi dimana jumlah sel darah merah dalam tubuh sangat kurang atau jumlahnya tidak normal. Tidak hanya sel darah merah yang kurang, penyakit anemia juga dapat diderita oleh mereka yang memiliki sel darah merah yang cukup, namun kondisi hemoglobin (Hb) dalam darahnya tidak normal.

Dengan kata lain, penyakit anemia bisa disebabkan oleh kurangnya hemoglobin dalam sel darah merah, kurangnya sel darah merah serta kurangnya volume darah secara umum. Penyakit anemia ini sangat umum dijumpai dalam masyarakat kita. Gejala umum anemia mudah diketahui dan dengan memperbaiki asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, biasanya anemia sudah bisa diatasi, kecuali kasus anemia berat yang membutuhkan intervensi medis tertentu. 

Tips  Mengatasi Anemia Secara Alami 
Penyakit anemia atau kurang darah bisa diatasi dengan banyak mengkonsumsi makanan makanan yang mengandung banyak zat besi. Anda bisa mengkonsumsi berbagai macam sayuran dan buah buahan seperti misalnya buncis, daun singkong, dan sayuran hijau lainnya. Anda juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi kacang kacangan serta berbagai jenis buah buahan.

Cara Mengatasi Anemia Secara Alami 
Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit anemia secara alami, antara lain :  

A. Perbanyak konsumsi daging 
Anda bisa memperbanyak mengkonsumsi daging merah seperti daging kambing, daging sapi dan daging domba. Daging merah banyak mengandung zat besi dan protein yang sangat baik untuk tubuh. Sajikan daging merah tersebut setengah matang untuk membantu Anda menghilangkan masalah anemia. 

B. Hindari buah apel dan buah belimbing 
Untuk Anda yang sangat menyukai buah apel dan buah belimbing, hentikan sejenak kebiasaan Anda untuk mengkonsumsi kedua jenis buah buahan tersebut ketika sedang mengalami anemia. Buah belimbing dan buah apel secara alami akan menyebabkan anemia yang Anda alami semakin parah. 

C. Hindari tidur terlalu malam 
Bergadang atau tidur terlalu malam bisa menyebabkan anemia Anda semakin parah. Istirahatlah yang cukup setiap malam dan hindari untuk bergadang setiap malam. 

D. Perbanyak makan kacang-kacangan 
Mengkonsumsi kacang kacangan, terutama kacang kacangan hijau secara alami bisa mengatasi anemia atau penyakit kurang darah. Anda bisa menyajikan kacang kacangan tersebut untuk cemilan sehat saat beristirahat. 

E. Rombak total pola hidup 
Pola hidup yang tidak sehat bisa menyebabkan Anda mudah terkena penyakit anemia, rubahlah pola hidup yang tidak sehat sedini mungkin dan mulailah gaya hidup sehat Anda mulai sekarang juga. 

F. Hindari stres 
Selain bisa menyebabkan darah tinggi, pada kondisi tertentu stress justru bisa menyebabkan darah rendah atau anemia. Hindarilah stres dengan banyak melakukan refreshing serta melakukan kegiatan-kegiatan yang positif. 

Selain hal hal diatas, Anda juga sangat dianjurkan untuk mengatur pola makan agar kebutuhan nutrisi dalam tubuh terpenuhi secara sempurna. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.#snf

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK