Beberapa Tips Seputar Lensa Kontak Mata
Penyebab umum masalah lensa kontak adalah tidak terpasang dengan baik, kebersihan lensa yang buruk, peka dengan pembersihnya, dan lingkungan yang berdebu, berangin. Jika Anda terlalu lama memakai lensa kontak, atau ada kotoran yang terperangkap di bawah lensa, mata Anda iritasi, merah dan berair. Kadang lensa terselip di bawah kelopak mata dan perlu diambil lalu di pasang kembali.



Langkah berikut ini dapat membantu Anda mengurangi resiko dan timbulnya masalah saat menggunakan lensa kontak

  • Jika mata Anda iritasi, ambil lensa kontak keluar setiap jam atau dua jam untuk melihat apakaha gejalanya berkurang. Jika terjadi saat Anda memasang kembali lensa kontak, konsultasikan dengan dokter spesialis mata atau dokter umum.
  • Coba gunakan tetes mata pelumas khusus yang mengandung sodium chlorida yang melumasi mata juga memudahkan memasang dan melepas lensa. Jangan gunakan tetes mata tanpa minta saran dari apoteker karena dapat merusak lensa Anda.
  • Jangan gunakan lensa kontak lebih lama dari waktu yang disarankan oleh dokter mata Anda. Jika tak terhindari, keluarkan dari waktu ke waktu agar mata istirahat. Selalu lepaskan lensa kontak saat tidur, berenang, mandi.
  • Sebelum memegang lensa, cuci tangan dengan sabun anti bakteri atau tanpa parfum dan bilas hingga bersih. Bersihkan dan keringkan lensa yang dipakai berulang setiap Anda melepaskannya dengan cairan pembersih dan cairan penyimpannya. Bersihkan tempat lensa dan keringkan di ruangan. Jangan jilat lensa atau membasahinya dengan air.
  • Minta dokter spesialis mata untuk lensa kontak sekali pakai, yang di buang setiap hari. Tak perlu dibersihkan dan di sterilkan sehingga mengurangi iritasi.
  • Berhati-hati dengan make up. Bubuhkan setelah menggunakan lensa, dan jangan gunakan perona mata bubuk. jauhkan hairspray dari mata Anda.
  • Lensa kontak biasa "hilang" kadang menyelip di bawah kelopak mata, coba teknik praktis mengembalikan posisi lensa di bawah ini.

Teknik Praktis Mengembalikan Posisi Lensa Kontak 

Jika lensa terselip di bawah kelopak mata. Langkah berikut ini akan membantu Anda mengembalikannya ke posisi semula.
  1. Pertama, bubuhkan 1-2 tetes obat mata kedalam mata. Jika amat kering gunakan tetes mata secukupnya untuk membantu lensa mengembang dan kembali keposisinya.
  2. Jika tak berhasil, tutu mata, lalu kembalikan lensa ke posisinya dengan menekan lembut kelopak mata. Ini akan mengembalikan lensa kedepan mata Anda
Sekedar saran, Anda dapat mengunjungi dokter mata Anda jika iritasi mata terus berlanjut, ada kotoran atau Anda mengalami masalah mata yang baru.

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK