Mata merah, terasa gatal, dan berbutir sering diakibatkan oleh Conjunctivitis, radang membran yang melapisi mata. Conjunctivitis menular, cenderung di mulai dari satu mata dan menyebar ke mata yang satunya.

Apa Itu Conjunctivitis ? Baca Info Berikut Ini
Image : Conjunctivitis

Conjunctivitis alergi dapat terjadi musiman, seperti hay fever, atau akibat pemicu seperti tungau debu dan bulu binatang peliharaan. Bisa juga akibat reaksi make up mata atau zat kimia di tetes mata.

Berikut ini beberapa tips yang dirkomendasikan bagi Anda yang menderita Conjunctivitis yang dapat mendukung pengobatan dari dokter.


  1. Hindari menggunakan lensa kontak jika kena Conjunctivitis hingga setidaknya setelah 2 hari sembuh.
  2. Untuk menghindari penyebaran Conjunctivitis, jangan berbagi handuk, dan ganti handuk serta sarung bantal setiap hari. Jangan menggosok mata.
  3. Jika mata Anda lengket di pagi hari, bersihkan dengan cara yang lembut.
  4. Sepanjang hari, bersihkan mata dengan air dingin untuk menyejukkan. Untuk mengeluarkan serbuk sari jika Conjunctivitis alergi, tengadahkan kepala dan tuang air kesudut mata.
  5. Jika Conjunctivitis karena alergi, gunakan kompres dingin untuk menyejukkan iritasi. Rendam kapas dalam air dingin, peras, dan taruh diatas mata beberapa menit. Ulangi jika perlu, gunakan yang bersih setiap saat.
  6. Untuk mengurangi Conjunctivitis alergi, gunakan tetes mata antihistamin.
  7. Anda perlu mengunjungi dokter jika Conjunctivitis tidak berubah dengan pengobatan satu atau dua hari atau Anda menggunakan tetes mata, tetapi keadaanya tambah memburuk.

Teknik Praktis Membersihkan Mata yang Lengket

  • Rawat satu mata dalam satu waktu untuk mencegah infeksi dari satu mata ke lainnya.
  • Gunakan bola kapas yang di celup ke air hangat, dengan mata tertutup, perlahan usapkan ke sepanjang kelopak mata untuk membersihkan.
  • Usap dari hidung ke arah keluar atau sebaliknya, tapi tetap dalam satu arah.
  • Ulangi gunakan kapas bersih untuk mata lainnya.

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK