Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa kita lebih baik mencegah ketimbang mengobati. Mungkin pepatah ini juga berlaku untuk semua jenis penyakit tak hanya darah tinggi saja.

Namun bagaimana jika kita sudah terlanjur mengidap darah tinggi? Lalu langkah apa yang harus kita lakukan? Dan bagaimana cara mengatasi hipertensi ini?

Memang sudah tidak ada cara lain lagi untuk mengulur-ulur proses pengobatan penyakit hipertensi/tekanan darah tinggi, jika tidak ingin terserang oleh penyakit baru yang bisa saja menyerang saat darah tinggi kita melonjak. Atau dengan kata lain kita harus secepatnya mengobati penyakit hipertensi. Solusi alami yang paling baik untuk mengobati darah tinggi, dapat anda lihat di bawah ini,

1. Olahraga secara rutin, Usahakan anda meluangkan waktu paling tidak 30 menit dalam sehari, entah itu pagi hari atau pun sore hari, anda dapat melakukan olahraga rutin seperti joging, yoga, bersepeda, dan olahraga santai lainnya.

2. Konsumsi potasium, Salah satu manfaat potasium adalah dapat membantu anda untuk menurunkan tekanan darah. Asupan yang direkomendasikan per hari untuk orang dewasa adalah 3.510 mg potasium. Nah untuk menambah potasium melalui makanan anda dapat mengkonsumsi kacang polong. Di dalam 100 gram kacang polong mengandung potasium sebanyak 1.300 mg, makanan lain yang baik adalah pepaya, bayam pisang, kurma dan kol.

3. Diet hipertensi, Diet di sini bukan seperti diet umumnya namun diet hipertensi adalah dengan mengurangi sedikit demi sedikit sayur yang menggunakan garam, kalau bisa malah sayur yang anda konsumsi tidak usah diberi garam. Tak hanya garam dapur saja yang harus dihindari, usahakan anda juga menghindari makanan yang mengandung sodium tinggi, dan saus.

4. Teknik relaksasi, Anda dapat sesekali mengikuti program rileksasi seperti yoga, dan sistem meditasi. Teknik relaksasi ini dapat memberikan ketenangan pikiran, sehingga tekanan darah anda dapat terjaga secara normal. Untuk hasil yang maksimal pilih relaksasi pijat (terapi pijat sehingga badan akan lebih tenang dan enak) jika badan terasa enak tentunya pikiran juga dapat terkontrol.

5. Memperbanyak konsumsi sayuran hijau, Sayuran hijau ternyata juga sangat baik untuk membantu anda memulihkan tekanan darah tinggi (darah akan kembali stabil) adapun sayuran hijau yang baik untuk penderita hipertensi adalah sebagai berikut : buncis, brokoli,dan tak ketinggalan kacang panjang. Ketiga sayuran ini kalau bisa anda masukan ke dalam menu harian rutin, supaya hipertensi cepat menurun.

6. Herbal, Salah satu herbal yang paling baik untuk menurunkan darah tinggi adalah kunyit, Ginkgo biloba, serta teh hijau.

7. Memperbanyak konsumsi buah, Adapun langkah pertama yang bisa anda coba adalah dengan memperbanyak konsumsi biah-buahan yang kaya akan kandungan serat. Nah buah yang banyak mengandung serta dan baik untuk menurunkan hipertensi seperti jeruk, buah timun, buah kiwi, strawberry, anggur, melon kantalop, pisang, apel, buah beri, tomat dan masih banyak buah lainnya yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Semoga bermanfaat dan terima kasih untuk kunjungan anda.#snf

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK