MRA (Mobile Rapid Assesment)
Mobile Rapid Assesment #AplikasiMRA merupakan aplikasi berbasis android. Aplikasi dapat digunakan masyarakat untuk berbagi informasi seputar bencana yang terjadi di wilayahnya kepada masyarakat luas dan Palang Merah Indonesia.
Pengurus Pusat PMI, Ketua Bidang Penanggulangan Bencana, H. Sumarsono, secara resmi meluncurkan aplikasi ini sekaligus membuka lokakarya IT-Telekom dengan tema "Meningkatkan Ketahanan Masyarakat terhadap Bencana" di Hotel Puri Denpasar, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (30/10).
Dalam acara peluncuran aplikasi ini, Sumarsono mengatakan, Indonesia merupakan wilayah ring of fire, banyak bencana alam yang disebabkan manusia atau alam itu sendiri di Indonesia. Segala macam bentuk bencana ada di Indonesia.
"Indonesia merupakan supermarket bencana, segala jenis bencana banyak dan sering terjadi, contoh nyata kejadian Tsunami 2004, bencana di Aceh merupakan salah satu bencana terbesar yang pernah melanda Indonesia," jelas Sumarsono
Lebih lanjut Sumarsono menekankan pentingnya masyarakat untuk selalu siap siaga atau waspada untuk selalu menghadapi bencana yang akan terjadi di masa yang datang, jadi dengan adanya aplikasi ini, sangat membantu masyarakat dalam hal pemanfaatan teknologi dalam hal kesiapsiagaan bencana.
"Masyarakat merupakan salah satu unsur langsung yang berhubungan dengan bencana. Dengan pemanfaatan teknologi ini, masyarakat dapat meningkatkan kapasitasnya secara pribadi maupun di dalam komunitas mereka berada." Ungkapnya.
Aplikasi MRA sendiri bisa langsung diunduh oleh pengguna smartphone android dengan spesifikasi smartphone android 2.2 (Froyo)

berikut video mengenai aplikasi ini.



sumber: pmi.or.id

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK