Kenali Tanda dan Gejala Anemia Megalobalastik
Kenali Tanda dan Gejala Anemia Megaloblastik - Anemia Megaloblastik merupakan jenis anemia yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B12, dan asam folat yang memperlihatkan perubahan-perubahan sumsum tulang dan darah perifer yang identik. Kedua vitamin tersebut sangat diperlukan untuk sintesis DNA.

Pada masing-masing kasus, terjadi hiperplasia sumsum tulang dan hiperplasia prekursor eritroid serta sel-sel mieloid membesar dan tampak bizar. Terjadi pansitopenia.

Defisiensi Vitamin B12


Defisiensi vitamin B12 sangat jarang terjadi tetapi dapat terjadi akibat ketidak adekuatan masukan pada vegetarian yang ketat; kegagalan absorpsi salauran gastrointesinal; tidak terdapatnya faktor-faktor intrinsik ( anemia pernisiosa ); penyakit yang melibatkan ilium atau pankreas, yang merusak absorpsi vitamin B12; dan gastrektomi. tanpa pengobatan pasien akan mati selam beberapa tahun, biasanya akibat gagal jantung kongestif sekunder akibat anemia.

Gejala-gejalanya berkembang progresif dan mungkin ditandai oleh remisi parsial spontan dan ekseserbasi.
  • Secara bertahap menjadi lemah, cepat capai, dan pucat.
  • Terjadi merah pada lidah, saki, dan halus serta diare ringan ( anemia pernisiosa ).
  •  kerusakan medulla spinalis mengakibatkan kekacauan mental, lebih sering parestesia pada ektremitas dan kesulitan mempertahankan keseimbangan; kehilangan rasa posisi yang mantap.

Pengobatan Anemia Defisiensi Vitamin B12

  • Pemberian suplemen vitamin atau susu kedele difortfikasi ( pada vegetarian ketat ).
  • Suntikan B12, secara intramuskular untuk kelainan absorpsi atau tidak terdapatnya faktor-faktor intrinsik.
  • Cegah kekambuhan dengan vitamin B12 selama hidup untuk pasien anemia pernisiosa ata malabsorpsi yang tidak dapat diperbaiki.

Defisiensi Asam Folat

Asam folat adalah vitamin yang penting untuk pembentukan sel darah merah normal. Defisiensi terjadi pada individu yang jarang mengomsumsi sayuran atau buah dimasak, terutama lansia yang tinggal sendiri atau individu alkoho*lisme.

Alko*hol meningkatkan kebutuhan asam folat dan alko*holik biasanya mempunyai diit kurang vitamin. Kebutuhan asam folat juga meningkat pada anemia hemolitik dan kehamilan. Pasien dengan pemberian makan melalui parenteral jangka panjang akan mengalami defisiensi folat setelah beberapa bulan tanpa suplemen IM. Beberapa pasien penyakit usus halus tidak menyerap asam folat dengan normal.

Gejala Anemia Defisiensi Asam Folat


Semua pasien mempunyai karkteristik anemia megaloblastik sejalan dengan sakit pada lidah. Gejala-gejalanya serupa dengan defisiensi vitamin B12; namun tidak terjadi manifestasi neurologis.

Pengobatan

  • Pemberian diit nutrisi dan 1 mg asam folat setiap hari.
  • Asam folat IM untuk sindrom malabsorpsi.
  • Asam folat oral diberikan dengan bentuk tablet ( kecuali vitamin parenteral ).

Catat Ulasan

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK