Tips sederhana merawat telinga sakit dirumah
Sakit di salah satu atau kedua telinga dan kehilangan pendengaran sementara sering disebabkan infeksi, yang membuat Anda demam dan tidak enak badan. Kadang kala gendang telinga cedera disebabkan tekanan yang meningkat dan ada cairan yang keluar dari telinga. Sakit telinga juga disebabkan infeksi telinga bagian luar ( otitis externa ) atau dihubungkan dengan infeksi tenggorokan dan sinus atau masalah gigi.

Anda juga terkena sakit telinga ringan karena menumpuknya mukus di telinga akibat pilek; selama hay fever; atau akibat perubahan tekanan di telinga jika naik pesawat terbang atau menyelam.

Beberapa saran dan tips yang dapat Anda lakukan dirumah untuk mengurangi atau mengobati sakit telinga ringan.

  • Gunakan penghilang nyeri untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan Anda ( parasetamol atau ibuprofen akan mengurangi ketidaknyamanan, juga mengurangi demam jika Anda menderita infeksi telinga ).
  • Tidur dengan kepala dinaikkan menggunakan beberapa bantal untuk mengurangi tekanan di telinga bagian tengah.
  • Jika sakit telinga akibat pilek, gunakan semprotan atau tetes dekongestan ( agar tidak tersumbat ) hidung, untuk membersihkan saluran hidung.
  • Hangatkan telinga Anda untuk mengurangi nyeri telinga ( lihat teknik praktis )
  • Mengisap upa dapat mengurangi sumbatan di telinga, hidung dan sinus.
  • Jika gendang telinga cedera, mungkin keluar cairan. Segera hubungi dokter Anda.

Teknik Praktis untuk mengurangi nyeri di telinga dengan kompres hangat

  • Anda dapat membuat kompres hangat dengan mencelupkan handuk dalam air hangat lalu diperas. Tekan kompres di telinga yang sakit hingga dingin; kemudian hangatkan lagi. Alternatifnya, tekankan kuping kebotol panas yang dibungkus.
Demikian teknik dan tips sederhana melakukan perawatan sakit telinga di rumah, semoga bisa membantu mengurangi ketidaknyamanan akibat telinga yang sakit.

Catat Ulasan

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK