Kenali Tanda dan Gejala Artritis Reumatoid
Artritis Reumatoid ( AR ) adalah kelainan inflamasi yang terutama mengenai membran sinovial dari persendian dan umumnya ditandai dengan nyeri persendian, kaku sendi, penurunan mobilitas, dan keletihan. AR terjadi antara usia 30 tahun dan 50 tahun dengan puncak insiden antara usia 40 tahun dan 60 tahun. wanita terkena dua sampai tiga kali lebih sering dari pada pria. AR diyakini sebagai respons imun terhadap antigen yang tidak diketahui. Stimulusnya dapat virus atau bakterial. Mungkin juga terdapat predisposisi terhadap penyakit
Nyeri sendi, bengkak, hangat, eritema, dan kurang berfungsi adalah gambaran klinis yang klasik. Palpitasi persendian menunjukkan jaringan spon atau boggi. Sering kali dapat diaspirasi cairan dari sendi yang mengalami pembengkakan.

Pola Karakteristik dari Persendian yang Terkena

  • Di mulai dari persendian kecil di tangan, pergelangan, dan kaki.
  • Secara progresif mengenai persendian, lutut, bahu, pinggul, siku, pergelangan kaki, tulang belakang serviks, dan tempromandibular.
  • Nyeri biasanya bersifat akut, bilateral, dan simetris.
  • Persendian teraba hangat, bengkak, dan nyeri; kaku pada pagi hari berlangsung selama lebih dari 30 menit.
  • Deformitas pada kaki dan tangan adalah hal yang umum terjadi.

Pengobatan Artritis Reumatoid. Biasanya dokter akan memberikan obat-obatan obat anti inflamasi non steroid ( NSAIDS )

Tips mengurangi nyeri pada Artritis Reumatoid yakni dengan melakukan teknik-teknik sebagai berikut :
  • Penatalaksanaan nyeri jangka pendek segera ( misanya, gunakan kompres hangat, dan dingin, perlindungan sendi, dan analgetika ( obat pengurang nyeri )
  • Penatalaksanaan nyeri jangka panjang ( misalnya, penggunaan obat-obat anti inflamasi, menetapkan regimen latihan untuk mempertahankan mobilits sendi, dan teknik-teknik relaksasi ).
Tags : gejala artritis reumatoid, pengobatan artritis reumatoid, penyebab artritis reumatoid,definisi artritis reumatoid, fungsi artritis reumatoid, patofisiologi artritis reumatoid

Catat Ulasan

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK