Sebagian besar orang sesekali lupa, khususnya saat menua dimana proses otak melambat sehingga sulit menyimpan dan mengingat informasi. Bagaimanapun lupa bukanlah hal yang melekat pada penuaan. Lupa dapat juga akibat kurang tidur, kondisi yang ada di bawahnya seperti depresi, stress, gangguan tiroid, berlebihan minum alkohol, obat resep atau obat terlarang.


Dalam beberapa kasus, memori membaik lagi setelah masalah yang menyebabkannya diobati. Ada juga teknik yang bisa membantu Anda mempertajam keterampilan mengingat di setiap umur. Jika memori terganggu dengan gejala seperti bingung, penurunan intelektualitas, dan perubahan  kepribadian, ini  mungkin tanda dari dementia.

Beberapa tips, teknik dan gaya hidup berikut dapat menjaga dan memperbaiki memori Anda.

  • Tidur malam yang nyenyak, olah raga teratur, termasuk makan  banyak buah segar ( khususnya buah jeruk ), sayur hijau, kacang, zaitun, roti gandum, dan sereal.
  • Coba jangan khawatirkan gangguan memori Anda; kegelisahan dan tak percaya diri hanya akan memperburuk. Periksalah mengapa Anda lupa dan organisasikan diri Anda sehingga mengurangi kejadian semacam ini.
  • Buat catatan dan kejadian di kalender juga diary yang Anda bawa terus. Lakukan sesuatu secara teratur, taruh barang penting di tempatnya, seperti kunci dan kacamata di depan pintu.
  • Jangan minum berlebihan atau menggunakan obat terlarang seperti cannabis dan ekstasi.
  • Periksakan secara teratur penglihatan dan pendengaran Anda.

Catat Ulasan

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK