7 Jenis Akar Yang Dapat Meningkatkan Kesehatan
kunyit (foto:mnn.com)
Mendapatkan nutrisi tidak hanya dari sayuran dan buah-buahan. Tetapi anda juga bisa mendapatknya dari jenis akar-akar tertentu, ya yang jelasnya akar yang bisa dikonsumsi. Selain mendapatkan nutrisi, akar-akar tersebut juga mempunyai manfaat kesehatan. Apa saja jenis akar-akar yang dapat meningkatkan kesehatan? Yuk kita simak dibawah ini.


Seperti dilansir dari laman merdeka.com ada beberapa jenis sayuran akar-akaran mengandung banyak vitamin, mineral, dan baik untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa jenis akar-akaran yang dapat menyehatkan.

1. Jahe

Jahe dapat dengan mudah dibudidayakan, sehingga andapun dapat menanam dan merawat tumbuhan ini Menumbuhkan. Beberapa manfaat jahe bagi kesehatan adalah dapat mencegah kanker, peradangan, meningkatkan kesehatan pencernaan, dapat meredakan masalah pencernaan dan mengatasi bau mulut tak sedap.

2. Ubi jalar

Didaerah tertentu dahulu ubi jalar dijadikan sebagai makanan pokok. Tumbuhan ini banyak mengandung mineral seperti potasium, vitamin K, vitamin A, mangan, tryptophan, dan beta karoten sehingga sangat baik untuk kesehatan anda.

3. Wortel

Wortel sangat dikenal dengan manfaatnya yang dapat menjaga kesehatan mata. Jenis akar ini kaya akan kandungan vitamin A dan beta karoten yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung, menyehatkan mata, dan mencegah beberapa jenis penyakit kanker.

4. Lobak

Dalam lobak terdapat kandungan banyak vitamin C, folat, kolin, mangan, magnesium, dan serat yang baik bagi kesehatan. Cara mengonsumsinya dapat dimakan dalam keadaan mentah atau diolah menjadi sop.

5. Bawang merah

Salah satu bumbu dapur yang paling sering kita jumpai ini diketahui bisa melawan kanker usus besar, kanker ovarium, dan kanker kerongkongan. Selain itu, dalam bawang merah banyak terdapat kandungan polyphenol yang merupakan nutrisi penting bagi tubuh.

6. Bawang putih

Tahukah anda bahwa bawang putih jenis akar yang baik untuk membersihkan darah. Memiliki zat anti bakteri dan merupakan makanan antioksidan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat lain bawang putih adalah dapat digunakan untuk mengusir nyamuk dan bahkan bisa menjadi pestisida alami untuk tanaman Anda. selain itu, bawang putih juga bisa melindungi kesehatan jantung Anda.

7. Kunyit

Kunyit banyak dijadikan sebagai obat-obatan. Penelitianpun membuktikan bahwa kunyit bisa menghentikan pertumbuhan tumor dan sel kanker, serta menghentikan peradangan pada tubuh.


Itulah 7 jenis akar-akaran yang mudah anda temui dan dapat juga anda budidayakan sendiri. Dengan membudidayakannya sendiri anda akan terhindar dari penggunaan pestisida. Sehingga anda akan mendapatkan akar-akar tersebut lebih segar dan menyehatkan.

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK