Transfusi darah merupakan tindakan yang bertujuan menggantikan atau menambah komponen darah yang hilang atau terdapat dalam jumlah yang tidak mencukupi sehingga akan menyelamatkan kehidupan. Pemberian komponen darah merupakan tindakan yang sangat rasional mengingat melalukan transfusi darah lengkap berarti pemborosan karena komponen darah pada darah lengkap yang tidak diperlukan dapat diberikan pada orang lain yang lebih membutuhkan.
Pemberian komponen darah jugadapat mengurangi atau mencegah meningkatnya beban volume sirkulasi. Persiapan pra transfusi mutlak dilakukan untuk mencegah bahaya tranfusi yang timbul akibat ketidakcocokan golongan darah donor dan resipien dan bahaya tertularnya penyakit. Ada beberapa kepentingan khusus yang harus menjadi perhatian pada transfusi darah pada anak, meliputi: 
  1. Anemia Fisiologis
  2. Kemampuan jantung paru yang masih terbatas dan derajat penyakit jantung parunya.
  3. Berat badan dan umur merupakan karakteristik tersendiri pada transfusi darah pada anak.
Reaksi transfusi saat ini sudah jarang dijumpai mengingat kemampuan bank darah (PMI) untuk melakukan skrening pratransfusi sudah baik. Namun kewaspadaan harus tetap ditingkatkan terhadap kemungkinan terjadi hal-hal yang fatal akibat reaksi hemolitik, timbulnya infeksi dan perubahan volume sistemik.

Catat Ulasan

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK