Penyakit Tumor adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak normal. Pada dasarnya tubuh akan selalu mengganti sel � sel yang rusak atau mati dengan sel yang baru dan proses ini terjadi dengan sendirinya. Namun kadang terjadi pertumbuhan  sel yang tidak seimbang antara sel yang mati dengan sel yang baru, hal inilah yang menyebabkan timbulnya tumor.

Penyakit tumor seperti yang diketahui terdiri dari dua jenis tumor, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak biasanya hanya berbentuk benjolan dan dapat bertumbuh semakin membesar ditempat lokal dan tidak menyerang bagian lain disekitarnya. Namun tumor jinak ini dapat sangat berbahaya bila berada pada derah tertentu seperti otak, karena pertumbuhannya dapat menekan jaringan disekitarnya.

Berbeda dengan tumor ganas atau yang biasa dikenal dengan kanker. Tumor ganas memiliki sifat yang berbahaya. Sifatnya yang menyebar dan dapat menginfeksi organ lain disekitarnya. Oleh sebab itu penanganan jenis tumor ini harus cepat ditangani agar tidak menyebar dan dapat menyebabkan kematian. Sel kanker dapat lepas dari sel kanker induknya dan dapat terbawa oleh darah sehingga menyebarkan ke jaringan tubuh lainnya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan tumbuhnya sel tumor. Salah satunya adalah faktor keturunan, dimana orang tua yang memiliki atau pernah menderita penyakit tumor tidak menutup kemungkinan akan diturunkan kepada anaknya. Faktor lainnya adalah faktor eksternal yag biasanya dipengaruhi oleh gaya hidup seseorang. Gaya hidup tidak sehat seperti merokok, makanan yang tidak sehat, alkohol bahkan paparan sinar matahari yang berlebihan kekulit dapat menyebabkan penyakit ini.

Penyakit tumor dapat diditeksi sejak dini. Dengan penangan yang tepat dapat mencegah penyakit ini menjadi tunor ganas atau kanker. Dengan demikian kemungkinan terburuk dari tumor ini dapat diminimalisir.

Catat Ulasan

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK