Bersepeda ke ITS atau Bike to ITS adalah sebuah ajakan kepada seluruh mahasiswa, dosen dan karyawan ITS untuk menggunakan alat transportasi berupa sepeda ontel di lingkungan Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.
Sebenarnya selama ini sudah cukup banyak mahasiswa yang menggunakan sepeda ontel sebagai sarana transportasi ke kampus, tetapi masih kalah banyak dibanding dengan pengguna sepeda motor dan mobil.
Salah satu indikasinya adalah lahan parkir sepeda motor di depan Masjid ITS yang didesain mampu menampung kebutuhan 2 tahun lalu ternyata sekarang sudah tidak muat lagi. Demikian pula parkir sepeda motor di depan Kantin Pusat ITS, sudah tidak muat. Bahkan lahan parkir di jurusan-jurusan juga sudah semakin sempit saking banyaknya mahasiswa dan dosen yang membawa sepeda motor dan mobil.
Nah dengan gerakan Bike to ITS ini diharapkan nantinya jumlah pengguna sepeda ontel di ITS semakin banyak. Semoga dengan semakin banyaknya pengguna sepeda ontel di ITS maka pihak pengelola kampus juga akan menyediakan sarana dan prasarana seperti parkir khusus sepeda ontel.
Apa sih alasan dan manfaat bersepeda, utamanya dalam hal ini, bagi civitas akademika ITS?
  1. Kampus ITS cukup dekat dengan Perumahan Dosen, Asrama Mahasiswa dan juga kawasan kost mahasiswa ITS seperti Gebang, Keputih, Mulyosari dan Tegal Mulyorejo Baru. Apalagi kampus ITS sangat rindang karena banyak pohon-pohon besar, sinar matahari dijamin tidak akan menyentuh kulit kamu, jadi gak usah kuatir jadi lebih gelap ya! :d
  2. Bisa membantu menghemat pengeluaran finansial karena sepeda ontel tidak memerlukan bahan bakar minyak. Uang hasil penghematan bisa dialokasikan untuk menambah koleksi buku 
  3. Selain sebagai sarana transportasi, bersepeda akan memberikan manfaat olahraga sehingga tubuh kita menjadi lebih sehat. Ini namanya manfaat ganda. Sekali dayung, dua atau tiga pulau terlampaui :p
  4. Karena tidak menggunakan bahan bakar minyak maka sepeda ontel tidak mengeluarkan emisi karbon yang selama ini berperan sebagai pencemar udara. Maka dengan bersepeda berarti kita juga turut menjaga kualitas udara di lingkungan ITS. Udara yang bersih akan menyehatkan sistem pernafasan kita. Ditambah lagi, jika jumlah emisi karbon turun maka laju global warming yang bisa menyebabkan climate change juga akan turun.
  5. Oia, tambahan, bersepeda saat ini sedang jadi trend lho, jadi dengan bersepeda maka kita semakin gaul
Dan masih banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan dengan bersepeda ini. Makanya ayo segera gabung dalam gerakan “Bersepeda ke ITS” ini dan bersama-sama menjadi pelaku perubahan untuk menyelamatkan bumi dari petaka akibat global warming dan climate change!

sumber: budiono.net

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK