Penyakit Pernapasan adalah salah satu jenis penyakit yang paling banyak atau sering menjangkiti seseorang. Penyakit Pernafasan adalah salah satu penyakit yang mudah ditulari melalui udara pada saat kita bernapas. Mudahnya seseorang terserang penyakit pernapasan dapat dikarenakan daya tahan tubuh yang sedang menurun, atau bisa juga pada saat musim yang sedang tidak bersahabat ( pancaroba ) dimana terjadi peralihan musim.

Ada beberapa jenis penyakit pernapasan yang dapat menular bahkan dengan mudahnya menulari orang lain. Berikut ini beberapa penyakit pernapasan yang menular.

Tuberkulosa atau TBC
Penyakit TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang saluran pernapasan, sistem peredaran darah, saluran limfe dan menyerang bagian tubuh lainnya. Penyakit ini dapat menular dengan mudah melalui bakteri di udara, air liur. Oleh karena itu bagi penderita TBC sangat disarankan untuk menggunakan masker agar tidak menulari yang lainnya. Panyakit TBC memiliki gejala batuk yang berkepanjangan / menahun, berkeringat pada malam hari, berat pada yang turun secara drastis.

Influenza
Influenza atau flu adalah penyakit yang paling sering ditemui dan paling mudah menular. Flu dapat disebarkan melalui virus yang berterbangan di udara. Gejala yang dapat ditemui adalah hidung meler ( berair ), demam, batuk, bersin, sakit tenggorakan. 

Pneumonia
Pneumonia atau yang dikenal sebagai radang paru - paru memiliki tiga penyebab, yaitu Bakteri, Virus dan jamur. Gejala yang terjadi pada penderita Pneumonia adalah demam, otot kaku, nyeri pada dada, sesak napas, batuk, jantung berdetak kencang.

SARS
Severe Acute Respiratory Syndrome atau SARS adalah salah satu penyakit pernapasan akut. Penyebab penyakit SARS diketahui berasal dari virus corona dan paramoxviridae. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah suhu badan yang lebih dari 38�C derajat, batuk, sulit bernapas dan napas pendek-pendek, sakit kepala, otot kaku, diare, bintik-bintik merah pada kulit, serta badan lemas beberapa hari.

Itulah beberapa jenis penyakit pernapasan yang dapat menular dan menyebar dengan mudah. Pola hidup sehat, olahraga, makanan sehat serta daya tahan tubuh yang baik dapat mencegah tertularnya akan berbagai macam penyakit ini.

Catat Ulasan

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK