Manfaat Kopi Dalam Menjaga Kesehatan Mulut


Jika anda pencinta kopi, anda termaksud beruntung karena penelitan terbaru bahwa kopi dapat menjaga kesehatan mulut. Ini terdengar cukup aneh, karena sebagian orang berpendapat bahwa kopi dapat berdampak buruk bagi gigi dan mulut.

Seperti dilansir lifestyle okezone, para peneliti dari Boston University telah menemukan bahwa antioksidan di dalam kopi dapat melawan penyakit gusi. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Periodontology, spesialis kesehatan School of Dental Medicine, Nathan, menemukan bahwa konsumsi kopi dikaitkan dengan penurunan risiko jumlah gigi dengan kehilangan tulang periodontal, meskipun risiko penurunan kecil, namun sangat signifikan.

Nathan juga mengatakan bahwa konsumsi kopi tidak memiliki efek buruk pada kesehatan periodontal, justru sebaliknya. Minum kopi mungkin memiliki efek perlindungan terhadap penyakit periodontal. Ini adalah studi jangka panjang pertama dari jenisnya yang telah meneliti hubungan antara konsumsi kopi dan penyakit periodontal pada manusia.

Dalam penelitian ini para peneliti memeriksa catatan kesehatan gigi 1.152 orang di US Department of Veterans Affairs Teeth Longitudinal Study. Para partisipan disurvei mengenai konsumsi asupan kopi mereka dan membandingkan hasilnya dengan catatan kesehatan gigi mereka pada periode tertentu untuk mencapai kesimpulan tersebut.

Mereka menemukan bahwa pria yang minum satu cangkir kopi sehari atau lebih memiliki lebih sedikit gigi yang rusak atau tanggal akibat peradangan pada gusi. Peneliti juga menemukan bahwa orang yang rajin minum kopi berisiko lebih kecil terkena penyakit periodontal seperti gusi berdarah atau serangan bakteri pada gigi.

Lantas, bagaimana bisa kopi membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi? Peneliti percaya hal ini dipengaruhi oleh antioksidan yang ada dalam kopi. Seperti diungkap oleh ketua peneliti Raul Garcia, D.M.D., bahwa antioksidan dalam kopi kemungkinan meredam proses peradangan yang bisa merusak gusi dan tulang rahang.

Terlalu sering minum kopi memang bisa mengubah warna gigi Anda. Namun sisi positif lainnya Anda akan terhindar dari peradangan gusi dan masalah mulut lainnya. Kopi diketahui mengandung lebih sedikit asam jika dibandingkan dengan minuman lain seperti jus, soda, dan minuman berenergi. Minuman-minuman tersebut diketahui bisa merusak gigi dalam waktu yang cepat.

Jadi, sudahkan Anda minum kopi hari ini?

Catat Ulasan

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK