Khasiat Terong Untuk Kesehatan. Mengenal lebih jauh tentang manfaat buah terong bagi kesehatan. Terung (Solanum melongena, di Pulau Jawa lebih dikenal sebagai terong) adalah tumbuhan penghasil buah yang dijadikan sayur-sayuran. Asalnya adalah India dan Sri Lanka. Terung berkerabat dekat dengan kentang dan leunca, dan agak jauh dari tomat.

Terong memiliki daun yang besar, dengan lobus yang kasar. Ukurannya 10-20 cm (4-8 inci) panjangnya dan 5-10 cm (2-4 inci) lebarnya. Jenis-jenis setengah liar lebih besar dan tumbuh hingga setinggi 225 cm (7 kaki), dengan daun yang melebihi 30 cm (12 inci) dan 15 cm (6 inci) panjangnya. Batangnya biasanya berduri. Warna bunganya antara putih hingga ungu, dengan mahkota yang memiliki lima lobus. Benang sarinya berwarna kuning. Buah tepung berisi, dengan diameter yang kurang dari 3 cm untuk yang liar, dan lebih besar lagi untuk jenis yang ditanam.

Dari segi botani, buah yang dikelaskan sebagai beri memiliki banyak biji yang kecil dan lembut. Biji itu dapat dimakan tetapi rasanya pahit karena mengandung nikotin, sejenis alkaloid yang banyak dikandung tembakau. Kandungan serat didalam terong sekitar 2 gram.

Nah dibawah ini mari kita lihat 10 Manfaat Terong Bagi Kesehatan

Manfaat Terong Bagi Kesehatan1. Sebagai Nutrisi untuk Otak.
Kandungan nutrisi phyto pada terong merupakan salah satu nutrisi yang sangat di butuhkan oleh organ otak.

2. Menjaga Pencernaan
Kandungan serat yang tinggi dalam terong dapat membantu menyehatkan saluran pencernaan serta menghindarkan kanker yang bisa menyerang usus besar anda. Serat sangat penting sekali bagi tubuh kita karena dapat membantu memperlancar pencernaan dan buang air besar.

3. Mencegah Diabetes.
Terong merupakan sumber serat dan rendah karbohidrat larut yang sangat baik untuk mencegah penyakit diabetes.

4. Menjaga Kesehatan Jantung
Ini dikarenakan, Terong dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang beresiko membahayakan organ jantung tersebut.

5. Mengontrol Tekanan Darah Tinggi.
Kandungan bioflavonoid berperan besar dalam membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang bisa mengancam kualitas kesehatan tubuh anda.

6. Menjaga Kesehatan Tulang
Kandungan kalsium dalam terong dapat memperkuat dan mempertahankan kekuatan sendi dan tulang.

7. Mencegah Anemia.
Kandungan zat besi dalam terong akan membantu mencegah anemia atau kurang darah yang mungkin diderita oleh sebagian orang.

8. Terong Menjaga Kesehatan Kulit
Terong dapat membantu melembabkan kulit anda dari dalam. Jadi bagi anda yang memiliki kulit yang kering mungkin bisa konsumsi terong untuk membantu mengatasinya.

9. Menurunkan Berat Badan
Terong dapat membantu dalam proses pembakaran lemak di tubuh. Serat dalam terong dapat membuat kita tidak mudah lapar dan membantu mempercepat proses metabolisme tubuh.

10. Mencegah Kanker
Kandungan nasunin pada terong  dapat membantu mengatasi sel  kanker yang ada didalam tubuh. Terong sangat baik melawan kanker usus besar.

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Terung
http://intips-kesehatan.blogspot.com/2013/09/manfaat-terong-kesehatan-tubuh.html
http://planetsehat.com/makanan-sehat/7-manfaat-terong-mengapa-anda-harus-makan-terong/

Catat Ulasan

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK