Mengantuk adalah penyakit yang menular, pernah dengar statment itu? Sebenernya pernyataan itu tidak sepenuhnya salah tapi juga tidak sepenuhnya benar. Mengantuk itu bukanlah suatu penyakit, melainkan respon tubuh karena penurunan oksigen di otak dan disebut menular karena kalau temen kita ngantuk, pasti bawaannya kita juga akan ikut ngantuk, jadi sebenarnya bukan tertular ngantuk melainkan respon tubuh kita sendiri.

Melakukan pekerjaan/kegiatan yang membutuhkan konsentrasi terlalu lama misal saat belajar, bekerja atau mengendarai motor, mengantuk selalu menjadi masalah utama. Rasa ngantuk yang timbul disaat-saat seperti itu tentu sangat mengganggu. Terlebih saat berkendara, mengantuk sangat membahayakan. Bahkan Polisi pun sudah memberikan himbauan agar beristirahat sejenak saat mengantuk karena mengantuk merupakan penyebab utama dari kecelakaan.

Cara cepat Menghilangkan Mengatasi penyebab mata sering NGANTUK, sebenarnya mudah kok.
Ini dia cara-caranya:
  1. Tidur Cukup
    Inilah adalah penyebab utama kenapa anda merasa selalu mengantuk, bahkan boleh dikatakan super ngantuk. Usahakanlah untuk tidur 8 jam sehari, dan biasakan untuk tidur pada jam 9 malam, karena waktu tersebut merupakan waktu paling optimal untuk tidur dikarenakan. Selain dapat membuat rasa kantuk anda hilang, tidur cukup menurut penelitian juga dapat menghilangkan berbagai penyakit lainnya seperti stres, darah tinggi dan lainnya.
  2. Minum Segelas Air Putih
    Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan. Pastikan Anda minum banyak air dan makan makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayuran. Ini dapat membuat anda segar kembali karena cairan dalam tubuh anda kembali normal. Usahakan untuk minum air putih murni 8 gelas perhari.
  3. Cuci Muka
    Ini juga salah satu cara yang paling efektif dan mungkin anda juga sering melakukannya. Untuk lebih efektif lagi, cobalah mencuci muka anda dengan air dingin.
  4. Minum Kopi atau Teh
    Teh ataupun terbukti dapat menghilangkan kantuk karena mengandu zat kafein yang dapat menstimulus otak anda kembali segar. Tapi ingat, jangan terlalu banyak meminum kopi karena terlalu banyak minum kopi dapat berimplikasi ke berbagai macam penyakit lainnya, terutama lambung.
  5. Istirahat Sejenak
    Ketika anda sedang bekerja atau belajar, cobalah untuk beristirahat sejenak. Cara yang paling dengan beristirahat adalah melakukan senam-senam pemanasan seperti meregangkan tangan, kaki, pinggang, ataupun menggoyang-goyangkan kepala anda.
  6. Tarik Nafas
    Menurut penelitian, ketika anda menguap berarti kadar oksigen dalam otak anda sedang berkurang. Karena meguap juga merupakan salah satu ciri anda sedang mengantuk. Untuk mengatasinya, coballah tarik nafas dalam-dalam tahan sekitar 5 detik kemudian hembuskan selama 5 detik, lakukan ini beberapa kali sampai membuat anda merasa segar kembali.
  7. Usahakan Ruang Terang
    Ketika ruangan kerja atau belajar anda terang, otak anda akan merespon lebih dan membuat mata anda tak merasa mnegantuk. Untuk itu, usahakan meja kerja atau belajar anda dekat dengan sumber cahaya seperti kaca ataupun lampu.
  8. Mengobrol
    Ketika anda sedang mengobrol, otak anda akan merasa lebih segar karena telah melakukan kegiatan dalam pikiran anda. Tapi jangan sampai mengobrol di depan Si Bos atau Guru anda, bisa-bisa anda malah dimarahi.
  9. Olahraga
    Hasil analisis 70 penelitian pada 2006 yang melibatkan lebih dari 6.800 orang, para ahli dari Universitas Georgia menemukan, olahraga lebih efektif meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan di siang hari daripada mengonsumsi obat. Olahraga teratur juga meningkatkan kualitas tidur.
  10. Stimulasikan Pikiran
    Pekerjaan monoton sama berbahayanya karena mengurangi waktu tidur dan menurunkan kewaspadaan. coba lakukan kegiatan yang berbeda, atau kegiatan yang lebih menarik.
  11. Pasang headset dan putar lagu-lagu yang menghentak kesukaan Anda
    Sekalipun Anda suka musik instrumental atau musik yang mendayu-dayu, lupakan sejenak karena yang Anda butuhkan adalah pengusir kantuk!
  12. Fresh make-up
    Basahi wajah Anda, keringkan dengan tisu atau handuk kecil, kemudian perciki toner dan moisturizer, tutup dengan bedak tipis dan oleskan lip gloss. Make-up segar untuk wajah segar.
  13. Bersihkan meja Anda
    Saat kantuk menyerang adalah saat paling tepat untuk membersihkan meja Anda. Ketika meja Anda menjadi lebih rapi dan bersih, Anda akan merasakan kesegaran juga ikut mendatangi wajah dan pikiran Anda.
  14. Benahi posisi duduk
    Duduklah dalam posisi yang rileks dan nyaman, dimana antara paha dengan badan membentuk sudut 90 derajat. Artinya duduklah di kursi yang memungkinkan posisi paha Anda lurus ke depan dan posisi badan tegap, lalu taruhlah kedua tangan diatas paha. Kemudian tarik napas dalam-dalam lalu keluarkan secara perlahan. Ulangi langkah tersebut hingga tiga kali.

Itu dia beberapa tips-tips menghilangkan ngantuk yang bisa dicoba. Kalau ada tips-tips yang lain bisa dishare di komentar di bawah ini. Makasih semoga bermanfaat.#snf

Catat Ulasan

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK