Apakah Anda pernah di sengat serangga mungil yang satu ini? sengatan tawon atau lebah memang mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa, ada yang bilang seperti sengatan listrik.Binatang ini biasanya akan marah bila merasa terganggu (misalnya : sarangnya dilempari), dan tidak segan-segan menyerang secara bergerombol.Rasa sakit yang timbul disebabkan oleh bisa yang disuntikkan lebah kedalam kulit seseorang, ini akan meninggalkan bekas luka merah atau bengkak, namun bila korban alergi terhadap serangga ini, maka hal ini akan mengancam jiwa seseorang bila tidak cepat mendapat pertolongan.


Gejala dari sengatan serangga berbahaya (lebah madu, kutu kerbau, tawon dan semut api) dapat berupa bengkak dan merah, nyeri, gatal dan sensasi panas pada bekas lokasi gigitan (sengatan).

Beberapa tindakan yang perlu Anda lakukan jika tersengat jenis serangga ini, adalah sebagai berikut :
  • Pada saat lebah menyengat, biasanya akan meninggalkan sengat yang masih menancap, cabut sengat secara pelan-pelan, area yang tersengat jangan dipencet, karena akan mengakibatkan bisa bertambah masuk.
  • Cuci daerah sengatan dengan air dan sabun.
  • Kompres dengan es untuk mengurangi penyerapan dan penyebaran racun (bisa)
  • Oleskan krim seperti kelamin, pasta baking soda, ditambah sedikit air untuk mengurangi rasa nyeri
Bila timbul gejala-gejala yang lebih serius segera periksakan ke dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut.Salam sehat.

Catat Ulasan

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK