Buah dan Sayuran Sehat yang juga dapat Menurunkan Kesehatan
tomat
Buah dan sayur merupakan sumber nutrisi yang baik dan alami. Untuk menjaga kesehatan anda sebaiknya sering mengonsumsi buah dan sayuran. Tapi tahukah anda jika buah dan sayuran dapat menjadi racun bagi tubuh anda jika dikonsumsi secara berlebihan ataupun dalam keadaan sudah berubah warna atau juga membusuk.


Dibawah ini adalah jenis sayur dan buahan yang dapat menurunkan kesehatan tubuh seperti yang dilansir merdeka.com

Kentang hijau

Kentang merupakan salah satu makanan sumber karbohidrat. Namun sebaiknya anda tidak memakan kentang yang telah berubah warna menjadi hijau. Sebab kentang yang berubah menjadi hijau berarti bahwa kentang terkena sinar matahari yang terlalu lama sehingga menimbulkan munculnya solanin atau glycoalkaloid yang bisa menyebabkan sakit kepala, mual, lemas, dan masalah pencernaan.

Jamur liar

Sebaiknya perhatikan jenis jamur yang akan Anda makan. Jamur liar atau yang anda tidak ketahui jenisnya dapat membuat Anda keracunan.

Singkong

Jangan mengonsumsi singkong yang masih mentah karena dapat menjadi racun bagi tubuh karena adanya glikosida sianogen di dalamnya. Sehingga penting bagi Anda untuk selalu merendam, mencuci, dan mengeringkan singkong terlebih dahulu sebab dapat menghilangkan racunnya.

Pala

Jangan mengonsumsi pala dalam jumlah yang tinggi karena mampu membahayakan kesehatan Anda. Hal ini karena pala mengandung myristicine, zat yang dapat menyebabkan muntah, pusing, halusinasi, dan sakit kepala.

Tomat

Tomat ternyata memiliki kandungan zat atropine yaitu zat beracun yang dapat menyebabkan pusing, sakit kepala, dan sakit perut.

Ceri

Ceri mengandung glikosida sianogen, terutama dalam biji mereka, yang melepaskan sianida saat dikunyah. Sebaiknya mengonsumsi ceri tidak terlalu banyak.


Kalau dilihat dari jenis sayur dan buahan diatas adalah merupakan makanan yang sehat, tetapi sebaiknya untuk membatasi makan makanan tersebut agar mendapatkan manfaat kesehatannya saja. Semoga bermanfaat.

Catat Ulasan

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK