Tumbuhan Rosemary Ampuh Mengusir Nyamuk
Nyamuk merupakan hewan yang dapat kita jumpai diberbagai daerah di Indonesia. Apalagi Indonesia merupakan daerah tropis yang merupakan tempat baik berkembang biak nyamuk. Hewan pengisap darah ini sangat berbahaya karena dapat menularkan penyakit seperti demam berdarah dan malaria.


Sudah banyak cara yang dilakukan pemerintah dalam memberantas nyamuk, salah satunya dengan mengadakan program 3 M agar nyamuk tidak berkembang biak dilingkungan sekitar. Tapi tahukah anda bahwa ada juga cara alami yang dapat kita lakukan untuk mengusir nyamuk dari rumah kita.

Salah satu cara alami adalah dengan menaman tumbuhan rosemary. Uniknya tanaman ini aromanya cukup enak di hidung, namun tidak disukai oleh nyamuk. Tumbuhan ini biasanya tumbuh subur di dataran tinggi, namun tetap bisa tumbuh di dataran rendah. Perbedaan hanya pada ukuran daun saja. Saat di dataran rendah daun berukuran lebih kecil dibandingkan ditanam di dataran tinggi. Tanaman ini baiknya diletakkan di dekat jendela.

"Saat diletakkan di jendela, daun-daun rosemary akan saling bergesekan sehingga menghasilkan aroma serta menyebarkan ke penjuru ruangan. Aroma inilah yang tidak disukai nyamuk," tutur Teknisi Laboratorium Loka Litbang Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang Ciamis, Ajat Sudrajat seperti dilansir health liputan 6.

Sudrajat kembali menjelaskan bahwa dibandingkan tumbuhan lain, masyarakat menyukai menanam rosemary karena aromanya yang wangi mirip parfum. Sehingga selain menimbulkan aroma wangi, tanaman ini juga efektif untuk mengusir nyamuk.

Aroma tumbuhan ini tidak disukai oleh semua jenis nyamuk, Mulai dari jenis Aedes aegypti yang bisa menyebabkan demam berdarah, Aedes albapictus yang menyebabkan chikungunya, hingga nyamuk Anopheles yang sebabkan malaria. 


Selain rosemary, Sudrajat juga mengatakan bahwa tanaman bernama zodiac juga efektif untuk mengusir nyamuk, meskipun tidak sewangi rosemary.

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK