Manfaat Daun Ketumbar Bagi Kesehatan
daun ketumbar | foto:bibitbunga.com
Masyarakat Indonesia menggunakan ketumbar sebagai bahan masakannya. Namun dibeberapa Negara seperti Thailand dan Meksiko menggunakan daun ketumbar pada masakan khas Negara tersebut. Selain dijadikan sebagai bahan masakan, ternyata daun ketumbar ini memiliki manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini adalah manfaat dari daun ketumbar yang dikutip dari laman VivaLife dalam 7 manfaat kesehatan daun ketumbar.

Mencegah batu ginjal

Daun ketumbar merupakan diuretik alami yang dapat meningkatkan fungsi ginjal sehingga akan dorongan anda untuk lebih sering buang air. Sehingga akan mendetoksifikasi ginjal dan menjaganya tetap sehat. Tidak hanya itu, daun ketumbar memiliki manfaat lain yang mampu menyembuhkan berbagai infeksi yang terjadi pada saluran kemih.

Mengurangi risiko diabetes

Daun ketumbar dikenal juga sebagai pencegah diabetes alami. Hal ini karena dalam daun ketumbar mengandungan natrium dan kalium. Selain mengurangi risiko diabetes, juga dapat menurunkan kolesterol.

Mengurangi kecemasan dan membuat tidur menjadi nyenyak

Fungsi daun ketumbar dapat menenangkan saraf dan mengusir stres dengan cara melemaskan otot-otot tubuh. Sehingga dapat membuat tingkat kecemasan berkurang dengan sendirinya dan membuat anda tidur lebih nyenyak.

Detoksifikasi Tubuh

Sering mengonsumsi daun ketumbar dapat mendetoksifikasi tubuh yang dapat mendorong logam beracun seperti merkuri, aluminium, dan timah untuk dibuang dari dalam tubuh. Zat logam beracun tersebut jika berada lama di tubuh manusia dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti infertilitas hingga demensia.

Mencegah anemia

Kandungan zat besi dalam daun ketumbar mampu mencegah anemia. Selain itu juga dapat membantu membersihkan darah dan memproduksi darah baru.

Menyehatkan Mata

Ingin menyehatkan mata, cobalah mengonsumsi daun ketumbar. Kandungan antioksidan didalamnya dapat menyehatkan mata. Daun ini juga digunakan sebagai obat terhadap konjungtivitis.

Membantu penderita Alzheimer

Daun ketumbar merupakan sumber vitamin K, sehingga baik dalam membatasi kerusakan saraf yang disebabkan penyakit Alzheimer. Sering mengonsumsi daun ketumbar dapat mempertajam memori.


Itulah 7 manfaat dari daun ketumbar, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK