Khasiat Buah Strawberry Bagi Kesehatan. Stroberi (strawberry) atau tepatnya stroberi kebun (juga dikenal dengan nama arbei, dari bahasa Belanda aardbei) adalah sebuah varietas stroberi yang paling banyak dikenal di dunia. Seperti spesies lain dalam genus Fragaria (stroberi), buah ini berada dalam keluarga Rosaceae. Secara umum buah ini bukanlah buah, melainkan buah palsu, artinya daging buahnya tidak berasal dari ovari tanaman (achenium) tapi dari bagian bawah hypanthiumyang berbentuk mangkok tempat ovari tanaman itu berada.

Buah stroberi berwarna hijau keputihan ketika sedang berkembang, dan pada kebanyakan spesies berubah menjadi merah ketika masak. Namanya berasal dari bahasa Inggris kuno streawberige yang merupakan gabungan dari streaw atau "straw" dan berige atau "berry". Alasan pemberian nama ini masih tidak jelas. Beberapa spesies Lepidoptera mengambil sumber makanannya dari tumbuhan stroberi, menjadikan spesies ini hama utama tanaman stroberi.

Manfaat buah stroberi (strawberry) bagi kesehatan
Kandungan utama dari buah strawberry ini adalah Vitamin C, Vitamin K, Mangan, Folicacid, Potasium, Riboflavin, Vitamin B5, Vitamin B6, Magnesium dan Omega-3. Semua kandungan tersebut bermanfaat sekali untuk kesehatan maupun kecantikan.

Dalam beberapa penelitan ternyata buah strawberry ini mempunyai banyak khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat buah strawberry :

Strawberry Dapat Mencegah Anemia
Kandungan zat besi yang tinggi pada buah ini dapat mengatasi Anemia atau kekurangan zat besi sehingga cocok sekali untuk asupan tambahan bagi sel darah merah.

Strawberry Dapat  Menjaga Kesehatan mata
Menurut Mayo Clinic mengkonsumis tiga buah strawberry atau lebih setiap hari mampu menurunkan risiko degradasi mata. Dan menurut penelitian terbaru, vitamin C pada strawberry juga ampuh melindungi mata dari sinar matahari.

Strawberry Dapat Menjaga Kesehatan kulit
Kandungan Antioksidan asam ellagic pada strawberry dapat mencegah keriput dan memperbaiki sel kulit rusak yang disebabkan oleh sinar UV. Strawberry dapat menghaluskan dan juga mengencangkan kulit serta dapat mencegah penuaan dini. Selain itu kandungan salisilat di dalam Strawberry sangat ampuh untuk mengobati jerawat untuk cara penggunannya cukup dijadikan sebagai masker. Resep lain agar mendapatkan kulit halus dan kencang dengan strawberry adalah dengan membuat lulur strawberry yang terbuat dari bahan 3 buah strawberry, 3 sdm madu, 3 sdm baking soda, 3 sdm gula pasir dan sedikit air. Semua bahan tersebut di blender sampai lembut.

Strawberry Dapat Menjaga Kesehatan otak
Penelitian membuktikan bahwa konsumsi strawberry berkaitan erat dengan penurunan risiko penyakit Alzheimer, Parkinson, dan demensia. Sehingga sangat baik untuk otak.

Strawberry Dapat Menjaga Kesehatan jantung
Kemampuan strawberry dalam meregulasi tekanan darah dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Sehingga mengonsumsi buah strawberry secara rutin sama dengan berusaha menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke.

Strawberry Dapat Menjaga Sistem imun
Kandungan vitamin C tinggi pada strawberry dikaitkan dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Strawberry Baik Untuk Ibu hamil
Tahukah Anda, strawberry juga mengandung asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil demi menjaga perkembangan otak janin dalam rahim. Asam folat juga berkhasiat mencegah bayi lahir cacat.

Strawberry dapat mengatasi Kanker
Buah strawberry mengandung asam ellagic yang bisa membantu mengatasi kanker salah satunya adalah kanker payudara.

Strawberry dapat Memutihkan Gigi
Strawberry ternyata mampu memutihkan gigi caranya digosokkan pada gigi dan Sobat akan bisa mendapatkan gigi yang lebih putih.

Strawberry dapat Mencegah tekanan darah tinggi
Kandungan potassium dan zat besi didalam strawberry sangat efektif menekan tekanan darah tinggi dan mampu membuatnya lebih seimbang.

Strawberry Untuk Mencegah Leukimia
Kandungan zat amine clan, asam tanae  yang terkandung buah Strawberry ini memiliki efek terapi yang ternyata sangat baik untuk mencegah penyakit leukemia.

Strawberry Untuk mencegah Diabetes
Kandungan Zat Anthocyanin yang ada didalam strawberry mampu mencegah masalah-masalah yang kemungkinan ditimbulkan dari diabetes.

itulah beberapa manfaat dari buah stroberi, semoga menjadi bahan rujukan kita untuk sering mengkonsumsi buah ini.

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Stroberi_kebun
http://www.merdeka.com/sehat/6-khasiat-menakjubkan-dari-buah-strawberry.html
http://polahidupsehat.web.id/manfaat-buah-strawberry/

Catat Ulasan

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK