Fakta Baik Buruknya Kopi Untuk Diet
kopi (foto:theselby.com)
Banyak orang berpendapat bahwa dengan meminum kopi dapat menurunkan berat badan. Salah satu efeknya adalah dapat menekan nafsu makan sehingga orang lebih mudah untuk diet. Untuk itu ada sebuah penelitian yang menemukan adanya sisi positif dan negatif berkaitan dengan diet dengan menggunakan kopi.


Dilansir merdeka.com berikut sisi positif dan negatif dari mengonsumsi kopi untuk diet;

Sisi positif

1. Kafein dalam kopi mempercepat metabolisme lemak

Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan metabolisme yang bisa membantu meningkatkan proses pembakaran lemak. Namun, peningkatan tersebut bersifat sementara sehingga kemungkinan kalori yang dibakar pun tak terlalu banyak dibandingkan dengan mengonsumsi minuman lain.

2. Bebas kalori

Kopi minuman bebas kalori, jika dikonsumsi tanpa ada tambahan gula, krim, atau susu. Sehingga dengan meminum kopi dapat mengurangi jumlah kalori yang masuk.

3. Membuat olahraga lebih mudah

Penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh saat berolahraga serta mencegah terjadinya masalah cidera otot. Selain itu, kopi juga dapat membantu anda berolahraga lebih lama.

Sisi Negatif

1. Campuran dalam kopi mengandung banyak kalori

Kopi sebenarnya tidak mengandung kalori, tetapi jika dicampur dengan krim, gula, atau susu maka campuran kopi tersebut mengandung banyak kalori. Contohnya, kopi yang dicampur mocca dan cokelat mengandung lebih dari 400 kalori yang bikin diet anda gagal.

2. Tidak baik untuk gula darah

Hasil penelitian mengungkap bahwa terlalu sering minum kopi dan kafein bisa mengganggu kontrol gula darah dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya keinginan untuk makan makanan manis. Untuk itu harap perhatikan makanan yang dikonsumsi saat Anda minum kopi.

3. Mengganggu tidur

Kopi terkenal dengan effek meleknya. Sehingga beberapa orang dengan sengaja meminum kopi untuk begadang. Tidur yang cukup dan berkualitas ada dalam syarat diet yang sehat, serta menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan secara cepat. Sehingga jika Anda dalam masa diet, sebaiknya kurangi meminum kopi.


Itulah beberapa efek negatif dan positif minum kopi untuk diet. Semoga bermanfaat.

Catat Ulasan

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK