Diabetes adalah penyakit tak menular yang ditandai dengan hilang atau berkurangnya kemampuan tubuh untuk mengatur gula dalam darah. Oleh sebab itu pasien harus rutin mengecek kadar gula agar jangan terlalu tinggi atau juga terlalu rendah.

Dokter biasanya akan memberi obat-obatan penambah insulin untuk membantu pasien yang gula darahnya tinggi bisa mencapai target gula yang diinginkan. Insulin nantinya akan bekerja dengan menghantarkan gula ke sel-sel tubuh untuk dan dibakar menjadi energi.

Ketua Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) Profesor dr Achmad Rudijanto, SpPD - KEMD, mengatakan obat-obatan tersebut namun semakin lama akan berkurang efesiensinya. Agar gula darah pasien bisa tetap berkurang dosis obat otomatis harus ditambah dan hal ini berisiko timbulkan gula darah rendah atau hipoglikemia.

"Hasilnya bagus untuk menurunkan kadar gula, tapi lama-lama pil ini daya kerjanya menurun. Kenapa bisa jadi demikian ini karena pada pasien diabetes walaupun diobati fungsi pankreasnya tetap akan turun," papar dr Rudijanto dalam acara diskusi media di Shangri-La Hotel, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, seperti ditulis Minggu (26/4/2015).

"Jadi ujung-ujungnya walaupun (pankreas -red) dirangsang untuk mengeluarkan insulin, tapi karena dia sudah turun banget fungsinya maka tetap tidak akan berhasil," lanjut dr Rudijanto.

Bila dipaksakan menambah obat dan hipoglikemia terjadi maka ada resiko komplikasi yang bisa ditimbulkan. Dalam jangka pendek dr Rudijanto menjelaskan seseorang mungkin akan merasa lemas karena kekurangan energi, tapi pada jangka panjang kerusakan bisa lebih serius.

"Fase pertama itu muncul oleh respon tubuh sebagai peringatan misal keringat dingin, lemas, berdebar, dan lapar. Pada saat itu seharusnya sudah diintervensi dengan makan permen atau minum teh manis. Fase kedua sudah timbul gejala saraf, itu sudah bahaya karena kerusakan otak bisa terjadi," tutup dr Rudijanto.

sumber: health.detik.com

Catat Ulasan

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK