Saat Anda stres, otot menegang, jantung berdetak lebih kencang, nafas lebih cepat dan pendek, dan otak Anda lebih waspada.Dalam dosis kecil, stres dapat memperbaiki kinerja Anda di situasi seperti olahraga atau pekerjaan, tapi stres berlebih atau berkepanjangan dapat merusak kesehatan Anda.Anda bisa tak berselera makan, sakit kepala, migrain, sulit tidur, dan lebih rentan terserang infeksi.Anda juga merasa gelisah, kesal, tak dapat berkonsentrasi, lelah, sedih, atau depresi.Stres cenderung meningkat saat tekanan dalam hidup meningkat, atau dipicu oleh kejadian yang menyedihkan seperti kemarin.

Orang akan mempunyai reaksi berbeda terhadap stres, tergantung pada kepribadiannya dan dukungan orang di sekitar mereka.Meskipun Anda tak dapat mengontrol kejadian sulit dalam hidup, Anda dapat beradaptasi dengan stres sehari-hari dan belajar menghindari beberapa darinya. Berikut beberapa tipsnya :
  • Tidurlah yang cukup.Jika lelah Anda lebih cepat merasa stres.
  • Makan teratur guna memeprtahankan level energi Anda tetap sepanjang hari.Jangan pernah tak sarapan.Tambahkan buah segar, sereal, roti gandum, pasta, dan nasi dalam pola makan Anda.Kurangi makanan seperti keju, telur, daging merah, dan mentega yang tinggi lemak.Kurangi asupan gula dan garam.
  • Kurangi kafein dengan membatasi asupan kopi, teh dan coklat.
  • Lakukan olahraga teratur, khususnya jika terus bekerja di depan meja.Olah raga memberi zat kimiawi " rasa senang " dalam otak yang meningkatkan rasa nyaman.Coba berjalan atau berenang.Bersepeda selama 15-30 menit.
  • Luangkan waktu secara teratur untuk relaksasi, jangan tunggu hingga Anda merasa lelah.Berjalan santailah; dengarlah musik; atau coba meditasi atau yoga.
  • Bayangkan diri Anda ada di tempat dimana Anda merasa hangat, rileks, dan nyaman, seperti berbaring di pantai.Coba bayangkan semua warna, suara, bau dan perasaannya.
  • Praktekkan pernafasan dalam dan terkontrol yang dapat Anda lakukan kapanpun Anda merasa tegang.
  • Kontrol agak tidak mengkritik diri sendiri.Untuk mengatasinya, ingatlah hal yang baik juga sukses Anda di masa lalu.
  • Jangan menyimpan kekhawatiran Anda, biasanya cukup membantu jika menceritakan masalah pada anggota keluarga lainnya.
  • Jangan coba menghilangkan stres dengan beralih ke alkohol atau obat ilegal.Ini hanya akan menambah daftar masalah Anda.

Teknik Praktis Atasi Stres dengan Pernafasan Dalam

Latihan ini membantu menenangkan tubuh dan pikiran Anda.Pernafasan dalam menggunakan otot-otot diafragma serta perut dan dasar bagi sebagian besar metode relaksasi.Cari tempat  dimana Anda tak terganggu.Matikan telepon genggam Anda, lakukan selama 10-20 menit setiap hari.brikut caranya :
  1. Kenakan pakaian longgar dan duduk atau berbaring dalam posisi nyaman.taruh satu tangan Anda di dada dan yang lain diperut.Bernafaslah lembut melalui hidung Anda, tahan nafas sebentar kemudian hembuskan pelan.Coba bernafas dengan  otot perut sehingga tangan bawah bergerak lebih jauh dari tangan atas.
  2. Sekali Anda tahu cara bernafas menggunakan perut, taruh tangan Anda tepat dibawah rusuk.rasakan tangan Anda bergerak selagi perut Anda naik dan turun.Saat Anda merasa lebih rileks, letakkan tangan Anda disamping dan nikmati relaksasi ini.

Tips Mencegah dan Membatasi Stres

Langkah-langkah berikut akan membantu Anda mengatasinya dan membuat Anda merasa lebih sehat.
  • Selama 2-3 minggu, catat situasi dimana Anda merasa stres dan apakah stres membuat Anda merasa lebih baik atau buruk dari biasanya.Pikirkan cara bereaksi yang berbeda agar Anda lebih pegang kendali.Tanya orang lain bagaimana reaksi mereka.
  • Terimalah hal yang dapat dikendalikan Anda; seperti macet.
  • Organisasikan dan prioritaskan waktu.Lakukan lebih dahulu hal yang paling penting.Antisipasi tenggak waktu dan kurangi komitmen lain.
  • Identifikasi tugas dan bagi jadi satu tugas selesai.
  • Miliki harapan yang realistis.Jangan berkomitmen dengan tugas yang tak dapat diselesaikan atau delegasikan jika tak ingin melakukannya.Jangan merasa lemah atau bersalah jika ada yang salah.
  • Beristirahat teratur sepanjang hari, meskipun hanya memandang keluar jendela.Istirahatlah untuk makan siang.
Saran Medis : Atur jadwal untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda tak mampu mengatasi stres, atau Anda merasa depresi.

Catat Ulasan

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK