Hari Pekan Kesehatan Mahasiswa (PKM) kembali dilaksanakan sejak Senin (20/4) di pelataran Fakultas Teknologi Kelautan (FTK). Acara yang dihelat oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Suka Rela (KSR) tersebut menyedot banyak mahasiswa yang gundah dan penasaran perihal kesehatan.


PKM kali ini merupakan puncak dari rangkaian acara KSR mengenai kesehatan bagi mahasiswa ITS.  Acara pertama merupakan cek kesehatan awal yang diadakan beberapa bulan yang lalu guna mengetahui data awal mengenai kesehatan. Dalam acara pertama, didapat data bahwa tingkat kolesterol mahasiswa ITS berada di atas angka normal.

Komandan KSR, Rahman Adi Nugroho mengungkapkan bahwa latar belakang tingginya angka kolesterol mahasiswa ITS disebabkan oleh beberapa hal. "Salah satunya dari makanan yang dikonsumsi. Kebanyakan kan goreng-gorengan dan penyetan. Belum lagi minyak yang dipakai baik atau tidak," ujar Adi.

Posisi kedua dalam masalah kesehatan mahasiswa ITS adalah asam urat. Hal tersebut dapat disebabkan makanan yang dikonsumsi sebelum menjalani cek kesehatan. "Bukan berarti asam urat mereka tinggi, tetapi angka asam uratnya di atas angka normal," ungkap Adi.

Penyebab tingginya angka asam urat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah kurangnya aktifitas fisik mahasiswa. "Kebanyakan mahasiswa ITS kan nglembur tugas, bangun-bangunnya siang. Sehingga tidak sempat berolahraga," ujar Adi.

Acara kedua dari KSR setelah pengecekan kesehatan awal adalah sosialisasi kesehatan melalui berbagai sosial media dari KSR. "Dari situ kita menggembor-gemborkan bagaimana pola hidup sehat mulai dari pola makan yang teratur, konsumsi sayur, hingga berolahraga," ujar Adi.


Acara yang berlangsung selama lima hari tersebut diadakan di lima spot yang strategis. PKM berfungsi sebagai tolak ukur dari peserta cek kesehatan awal yang telah melalui serangkaian proses pola hidup sehat. "Proses hidup sehat disosialisasi melalui akun sosial media, fan page di facebook adalah KSR PMI ITS, sedangkan blog adalah ksrpmi-its.blogspot.com,"pungkas Adi.
sumber: its.ac.id

Catat Ulasan

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK