Tahukah Anda Alasan Medis Pemberian Susu Botol Pada Bayi
ASI merupakan pilihan utama bagi bayi yang sangat dianjurkan oleh para praktisi kesehatan, karena ASI mempunyai kandungan gizi yang lengkap yang sangat dibutuhkan oleh Bayi.Namun tahukah Anda pada keadaan  ternyata tertentu bayi tidak dianjurkan menyusu pada ibunya dan disarankan menggunakan susu botol ( Susu formula ), kita cari tahu jawabannya berikut ini yuk.


Ada berbagai Alasan Medis mengapa bayi tidak bisa menyusu, yaitu :

  • Ibunya sakit seperti menderita penyakit TBC aktif atau HIV
  • Ibunya mungkin memakan obat atau beberapa obat yang bila melewati air susu ibu akan membahayakan bayinya.
  • Bayi yang sangat prematur tidak bisa menyusui secara normal, tetapi bisa diberikan susu ibu yang sudah dikeluarkan atau susu formula dengan cepat melalui selang plastik tipis ( NGT ) ke dalam lambung.
  • Keadaan tertentu seperti platozschizis ( sumbing ), yang membuat bayi sukar mengisap.Pada kasus ini, bisa diberikan dengan botol yang dirancang khusus dimana ASI sudah dikeluarkan dari ibunya atau dari susu formula buatan.
  • Bayi dengan penyakit bawaan saluran pencernaan atau gangguan metabolisme mungkin tidak toleran terhadap susu manusia atau susu formula dan bila ini terjadi, mereka memerlukan formula khusus.

Susu Formula Khusus

Ada susu formula khusus untuk bayi prematur yang mengandung protein  dan kalori ekstra untuk memaksimalkan pertumbuhan pada beberapa mibggu pertama kehidupan. Ada juga � susu dasar � khusus yang mengandung gula, peptida, dan asam amino yang digunakan bagi bayi yang telah dilakukan pengangkatan usus besar karena penyakit dan membutuhkan suatu makanan yang mudah diserap.Ahli gizi di rumah sakit biasanya merancang susu ini untuk kebutuhan khusus pada setiap bayi.

Susu soya tersedia secara komersil dan saat ini digemari antara orang tua untuk beralih ke susu soya bila mereka kurang bahagia dengan tabiat bayinya, sebab mereka percaya bahwa susu formula merupakan penyebab masalah itu.

Mengubah diet bayi dengan harapan akan meningkatkan mood atau membuat tidur lebih baik seperti yang diharapkan, memberi makan susu khusus hanya digunakan untuk mengobati penyakit tertentu.Pengalihan diet pada bayi dan anak kecil yang baru bisa jalan bisa menimbulkan kelaparan perlahan-lahan bagi anak dan nasihat dari dokter atau petugas kesehatan harus selalu dipertimbangkan sebelum mengubah susu.

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK