Tidak hanya para perenang yang biasanya terkena Otitis Externa (telinga perenang). Saat Anda mandi atau mencuci rambut, kelembaban yang terperangkap membawa kuman ke saluran telinga dan menyebabkan infeksi, masalah juga terjadi setelah membersihkan telinga atau jika bekerja di lingkungan yang hangat dan lembab. Telinga Anda mungkin terasa gatal dan nyeri ( jika menyentuh atau menarik cuping telinga ) dan terasa tersumbat. Ada juga cairan yang keluar dari telinga. Goresan di lapisan lembut di saluran telinga, atau reaksi zat kimia dalam tetes kuping atau cat rambut juga dapat mengiritasi dan/ atau menginfeksi saluran telinga.

Bila diobati telinga perenang atau Otitis Externa akan hilang dalam satu atau dua minggu. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendukung pengobatan dari dokter.

  • Telinga Anda terasa gatal, jangan menggaruk.
  • Jangan gunakan tetes telinga atau obat yang telah diresepkan dokter.
  • Jaga telinga sekering mungkin selama pengobatan dan beberapa hari sesudahnya. Berendam lebih baik dari mandi pancuran. Saat mencuci rambut, jaga air tak masuk dengan menaruh kapas yang dilapisi petroleum jelly di lubang setiap saluran telinga. Lepas penutup sesudahnya, jangan berenang hingga infeksinya hilang.
  • Tekan handuk muka kering yang hangat atau botol air panas yang dibungkus di telinga untuk mengurangi nyeri. Minum penghilang nyeri dapat membantu.
  • Jika ada kotoran, taruh kapas di bagian luar telinga untuk menyerapnya. Ganti kapas secara teratur. Jangan coba bersihkan saluran telinga dengan cotton bud, saat infeksi atau di lain waktu. Ini akan mencederai telinga Anda.

Pencegahan

Jika Anda rentan dengan Otitis Externa, beberapa langkah berikut dapat membantu mencegahnya.
  • Gunakan penyumbat telinga saat berenang, dan jangan berenang di air yang kotor dan terpolusi.
  • Selalu keringkan telinga hati-hati setelah mencuci rambut atau mandi. Miringkan telinga ke satu sisi dan tarik perlahan cuping telinga untuk mengeluarkan air. Lalu gunakan pengering rambut.
  • Gunakan shampoo tanpa parfum, dan hindari produk pewarna dan penata rambut.
Jika Anda menggunakan pengering rambut gunakan dryer dengan panas rendah dan jaga jarak kurang lebih 30 cm dan dari telinga.

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK