Tips Diet untuk Penderita Diabetes Melitus
Hari ini tanggal 14 November diperingati sebagai hari diabetes melitus di seluruh dunia. Tanggal tersebut diperingati sebagai tanda mengenang jasa penemu insulin yang lahir 14 November yaitu Frederick Banting yang bekerja sama dengan Charles Best. Insulin kita kenal adalah jenis obat yang membantu dalam hal menurunkan gula darah yang tinggi pada pasien dengan Diabetes Mellitus DM.


Karena kita tahu bahwasannya resiko diabetes melitus ini ada diantara dan sekitar kita sendiri. Yang penting bila memang telah menderita kencing manis ini maka pengendalian gula darah memegang peranan yang penting dalam rangka pencegahan komplikasi organ yang dapat terjadi di kemudian hari. Komplikasi Diabetes Melitus DM yang seringkali terjadi diantaranya yaitu :
  1. Gangguan penglihatan.
  2. Katarak dini.
  3. Tuli.
  4. Stroke.
  5. Serangan jantung.
  6. Kerusakan otot tubuh.
  7. Sendi lutut yang nyeri terus-menerus.
  8. Gangguan ginjal. Bisa juga sampai dengan gagal ginjal
  9. Kaki yang muncul luka dan sulit sembuh bahkan kadang sampai membusuk sehingga memerlukan perawatan diabetes melitus
Kontrol pengendalian gula darah pada DM ini bisa dilakukan denan berbagai cara, diantaranya yaitu dengan pengaturan diet DM, penurunan berat badan, perubahan pola hidup yang sehat seperti halnya dengan melakukan olahraga teratur dan juga penggunaan pemberian obat bila kadar gula masih dalam taraf nilai yang lebih tinggi dari normal. Dengan kita mengetahui beberapa hal mengenai diet penderita diabetes mellitus ini maka diharapkan berbagai macam komplikasi di atas bisa kita minimalisasi sedikit mungkin.

Dalam rangka menjalankan diet sehat penderita DM ini dengan memilih pola makan dan perlu diketahui bahwasannya inti dari diet DM adalah dengan mengurangi karbohidrat yang berlebihan dalam porsi makan para diabetisi. Karbohidrat pada diabetes melitus ini akan diuraikan menjadi glukosa yang merupakan gula sederhana agar dapat diserap tubuh. Karbohidrat bisa berupa beras, gandum, sagu, jagung, ketela singkong, dan juga roti.

Maka diet yang baik penderita diabetes melitus ini adalah dengan protein 20-25 persen dari total kalori yang dikonsumsi tiap hari, karbohidrat 40%, lemak 30-35% dan serat. Makanan yang mengandung serat tinggi baik untuk dimakan, terutama untuk pada memiliki diabetes. Jurnal nutrisi menyebutkan bahwa memakan makanan tinggi serat akan menurunkan kadar lemak tubuh. Serat ini banyak kita jumpai dalam tumbuhan seperti halnya buah, sayuran, padi-padian dan kacang-kacangan. Idealnya tubuh kita bisa memakan serat sekitar 20-35 gram dalam tiap harinya.

Kegunaan dan manfaat makanan tinggi serat adalah menurunkan kolesterol, trigliserid, kadar gula, mempertahankan rasa kenyang lebih lama, sehingga menurunkan makan yang berlebihan dan menurunkan berat badan. Dan buah-buahan cukup banyak mengandung serat yang cukup tetapi banyak mengkonsumsi terlalu banyak juga akan bisa meningkatkan kadar gula darah, kacang juga mengandung serat yang cukup tetapi banyak memakan kacang juga bisa meningkatkan kadar asam urat. Sehingga serat yang paling mudah dikonsumsi adalah yang berasal dari sayuran dan juga oetmeal.

Demikian tadi sahabat-sahabat semuanya sedikit ulasan mengenai diet penderita diabetes mellitus dan semoga bisa berguna serta dapat memberikan manfaat bagi kita semuanya.

Catat Ulasan

  1. Ulasan ini telah dialihkan keluar oleh pentadbir blog.

    BalasPadam

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK