Sehat selama menjalankan haji dan umrah adalah merupakan salah satu dari keinginan para jamaah haji dan juga umrah selain mendapatkan kebaikan dan pahala haji mabrur tentunya. Karena dengan keadaan tubuh sehat serta fit selama pergi haji akan memberikan kita kesempatan lebih baik dan maksimal dalam menjalankan serangkaian ibadah yang menjadi syarat rukun ibadah haji. Karena itulah pentingnya bagi para calon jemaah haji untuk mengetahui akan berbagai tips sehat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah nantinya.

Pengertian Haji secara bahasa didefinisisasikan sebagai kunjungan, ziarah dan juga perjalanan. Sedangkan Haji menurut syara’ berarti Perjalanan menuju Baitul Haram dengan amal-amal yang khusus, tempat-tempat tertentu yang dimaksud dalam definisi diatas adalah selain Ka’bah dan Mas’a (tempat sa’i), juga Padang Arafah (tempat wukuf), Muzdalifah (tempat mabit), dan Mina (tempat melontar jumroh) yang merupakan tempat-tempat penting dalam Ibadah Haji.

Karena dalam ibadah haji itu sendiri terkandung banyak akan hikmah keutamaan haji yang ditunaikan oleh segenap saudara-saudara muslim kita di seluruh penjuru bumi ini tanpa memandang adanya perbedaan suku bangsa, ras, warna kulit semuanya menjadi satu dalam rangka beribadah kepada Allah Ta'ala. Demikian pula dengan ibadah umrah di tanah suci.

Cara Tips Sehat Ibadah Haji

Kita ketahui bersama bahwasannya ibadah haji adalah merupakan ibadah dengan perjalanan panjang dan banyak kegiatan yang memerlukan kondisi fisik benar-benar sehat dan bugar serta fit. Karena itu dalam menunaikan ibadah haji juga akan mendatangkan resiko pada kesehatan tubuh bila kita tidak benar-benar memperhatikan dan menjaga kesehatan selama haji. Apalagi kondisi medan, iklim, dan cuaca yang cukup ekstrim di Tanah Suci dan tentunya akan sangat jauh berbeda dengan keadaan alam di tanah air kita Indonesia tercinta.

Kesehatan jamaah haji harus selalu dijaga. Jika sering sakit-sakitan, akan banyak tahapan-tahapan prosesi ibadah haji yang tidak bisa dilalui dengan sempurna. Oleh karena itu, menjaga kesehatan tubuh merupakan bagian hal yang utama, agar semua rukun dan wajib haji bisa dilalui dengan mudah dan jemaah bisa menyelesaikan seluruh tahapan tanpa terganggu penyakit.

Berikut adalah beberapa cara tips menjaga kesehatan selama ibadah haji yang perlu juga untuk dipahami dan dimengerti demi untuk menjaga kondisi badan tubuh para jamaah haji tetap terjaga dan mampu menjalankan ibadah haji dengan baik dan nyaman tanpa terganggu dengan kondisi badan yang sakit :

Menjaga Kondisi Badan Fit Sehat dan Bugar.

Menjaga kondisi badan yang sehat serta bugar ini idelnya disiapkan sebelum jauh-jauh hari keberangkatan haji tahun 1434 H yaitu yang akan dilakukan beberapa bulan kedepan. Karena dengan hal tersebut juga akan memberikan kesiapan diri para calon jamaah haji dari segi fisik dan psikologis juga. Ini juga berlaku sebagai tips sehat menunaikan ibadah umrah juga.

Mengkonsumsi makanan sehat dan juga jika perlu konsumsi juga suplemen makanan yang banyak mengandung akan gizi nutrisi yang baik untuk kesehatan dan juga telah terpercaya adalh bagian dari cara menjaga kondisi badan tetap sehat selama di tanah suci juga.

Memperhatikan Kebersihan Makanan Minuman Selama Di Tanah Suci Mekkah.

Makanan dan minuman adalah merupakan bagian dari sumber pembawa penyakit. Maka untuk itu perhatikan dengan benar mengenai makanan dan minuman yang dikunsumsi jamaah haji juga. Hal ini bisa dilakukan dengan cara jamaah haji membekali diri dengan air mineral botol atau jika ingin yang natural bisa dipilih air Zam zam. Air Zam zam aman diminum walau mentah karena mengandung flouride tinggi yang mampu membunuh kuman. Sehingga resiko dehidrasi selama dalam perjalanan tidak akan terjadi.

Dari segi makanan bisa kita lakukan dengan jamaah haji harus memeriksa dengan teliti kebersihan tempat makan yang akan dipilih. Misalnya di distrik Haram, sebaiknya jamaah haji menghindari untuk makan di restauran yang terlihat kurang bersih dan sehat. Mengetahui akan kebersihan restoran sebelum memesan makanan serta juga mencuci tangan dengan sabun sebelum makan adalah hal yang mutlak dilakukan demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Konsumsi Menu Makanan yang Sehat dan Bergizi.

Menu yang sehat bagi jamaah haji juga harus seimbang antara asupan protein (ikan, ayam) dan karbohidrat (nasi atau roti gandum), sayuran (hijau-hijauan seperti bayam, buncis, brokoli dan buah-buahan segar). Buah dan sayuran yang segar akan membantu memasok tubuh dengan anti oksidan dan bioflafonoid, sedangkan khusus jeruk (lemon) akan menjaga tubuh dari infeksi dan perlindungan terhadap kuman-kuman penyakit yang mungkin banyak di tanah suci nantinya. Pola makan sehat perlu sekali diterapkan selama menunaikan ibadah haji ini.

Membawa Obat-obatan yang Rutin Diminum.

Maksudnya adalah bagi para jamaah haji yang mempunyai penyakit tertentu dan juga harus tetap mengkonsumsi obat, maka membawa obat sendiri juga jangan sampai terlupakan. Walaupun di tanah suci kita juga mempunyai posko-posko kesehatan yang disediakan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Kesehatan.

Berdoa untuk Kesehatan Selama Menjalankan Haji.

Ini adalah satu hal yang tidak boleh terlupakan. Hal tips dan cara di atas adalah usaha serta ikhtiar kita sebagai manusia untuk menjaga kesehatan yang ditinjau dari medis dan kesehatan. Akan tetapi yang lebih penting adalah selalu berdoa kepada Allah Ta'ala agar senantiasa diberikan kesehatan dan juga memperoleh pahala haji mabrur dan diberikan kemampuan serta kesehatan selama menjalankan berbagai macam ibadah haji di tanah suci.

Catat Ulasan

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK