Buah dan Sayuran Yang Dapat Menjadi Pewarna Alami Makanan
Tahukah anda bahwa anda dapat membuat pewarna makanan dari buah dan sayuran. Ini dapat mencegah anda dari pewarna buatan yang dapat merusak kesehatan. Selain sehat anda juga dapat membuat pewarna alami ini dengan mudah di rumah Anda.


Dilansir LifeStyle Okezone berikut beberapa warna yang bisa dibuat dari sejumlah buah, sayuran dan bahan makanan lainnya.

Warna cokelat

Untuk membuat warna cokelat Anda dapat menggunakan kayu manis, cengkeh, dan lada hitam. Panggang bahan-bahan tersebut pada panci selama lima-enam menit dengan menggunakan api sedang. Selanjutnya giling campuran tersebut sampai halus untuk mendapatkan warna cokelat yang gelap.

Cara penggunaannya, didihkan campuran tersebut sampai mendapatkan warna cokelat hitam dan siap untuk digunakan sebagai pewarna bahan makanan.

Warna merah

Warna merah dapat dibuat dengan menggunakan jus akar bit yang menghasilkan warna merah yang baik untuk makanan. Selain akar bit, bubuk cabai merah atau tomat juga dapat memberikan warna merah untuk masakan kari.

Warna oranye

Warna oranye dapat anda buat dengan menggunakan wortel. Rasa wortel tidak manis, sehingga pewarna ini tidak akan mengubah rasa makanan. Selain itu alternatif lain adalah kulit jeruk juga dapat menjadi bahan pewarna oranye dengan cara dihancurkan.

Warna hijau

Warna hijau dapat dibuat dari alpukat atau bayam. Caranya dengan menghaluskan alpukat dan bayam  dan campur dengan bahan makanan yang ingin anda warnai.

Warna kuning

Warna kuning yang bagus adalah berasal dari kunyit dan saffron (kuma-kuma). kuma-kuma merupakan bumbu yang biasa digunakan untuk membuat nasi briyani menjadi berwarna kuning. Namun sebaiknya untuk menggunakan jumlah yang sangat sedikit karena pewarna makanan ini dapat mengubah rasa makanan.

Warna merah muda atau pink

Warna merah muda dapat dibuat dari raspberry dan jus strawberry.

Biru dan ungu

Warna biru dan ungu bisa didapatkan dari blueberry dan blackberry. Caranya dengan menumbuk keduanya untuk mendapatkan sari warna makanan yang baik.


Itulah beberapa jenis buah dan sayuran yang dapat dijadikan sebagai bahan pewarna alami makanan anda. semoga bermanfaat.

Catat Ulasan

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK