Jeruk adalah salah satu tanaman buah-buahan yang penyebarannya meluas hampir di setiap wilayah di dunia ini. Rasa asam manis serta menyegarkan membuat tanaman ini banyak dikembangkan dan dikonsumsi buahnya oleh masyarakat dunia. Jeruk masuk ke dalam suku rutaceae suku jeruk-jerukan. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara. Untuk Asia Timur merupakan asal jeruk manis dan sitrun lemon, sedangkan Asia Tenggara sebagai penghasil jeruk bali, jeruk nipis, dan jeruk purut.

Jenis jeruk sangat beragam dan beberapa spesiesnya dapat saling bersilangan dan menghasilkan hibrida antar spesies, dimana hasil dari persilangan ini memiliki karakter baru yang khas. Banyak jenis jeruk yang dimanfaatkan oleh manusia baik sebagai bahan pangan, wewangian, maupun untuk industri. Bagian yang banyak dimanfaatkan yaitu buah dan daun. Namun tahukah Anda bahwa kulit jeruk ternyata mempunyai banyak manfaat untuk meringankan berbagai gejala penyakit. Apa saja manfaatnya? Silahkan disimak ulasannya berikut ini.

Manfaat kulit jeruk bagi kesehatan :

1. Mengobati sakit geraham
Taruhlah sepotong kecil kulit jeruk yang segar ke dalam mulut anda selama 10 menit sebelum anda tidur. Tetaplah biarkan di dalam sampai anda merasa kurang nyaman.

2. Merawat gigi sensitif
Merawat dan mengobati gigi yang sensitif. Apakah gigi anda menjadi terasa sensitif setelah makan jeruk? Taruhlah kulit ke dalam gelas dan tambahkan air mendidih, tutup gelasnya selama 5 sampai 10 menit kemudian minumlah.

3. Mengobati mastitis
Mastitis atau dikenal juga dengan sebutan penyakit payudara bengkak saat produksi ASI berlebih cara pemakaianya rebuslah 30 gram kulit jeruk yang segar dan 6 gram licorice (akar manis) dengan air. Minumlah dua kali sehari.

4. Menghilangkan dahak di dalam paru paru
Rendamlah sepotong kulit jeruk ke dalam wine putih untuk kurang lebih 20 hari dan minumlah, semakin lama direndam, hasilnya akan semakin baik.

5. Mengatasi rasa dingin
Rebus beberapa kulit jeruk dan jahe segar di dalam air untuk kurang lebih 15 sampai 20 menit, tambahkan gula merah, dan minumlah seperti teh. Cara ini dapat mengobati kedinginan, flu, muntah dan batuk.

6. Mengobati batuk
Taruhlah 5 gram kulit jeruk kering ke dalam 2 gelas air dan rebus selama 10 sampai 15 menit kemudian tambahkan beberapa jahe dan gula merah. Minumlah selagi hangat.

7. Mengobati sembelit
Susah buang air besar caranya rebus 12 gram kulit jeruk segar atau 6 gram kulit jeruk kering dengan air untuk 10 sampai 15 menit. Minumlah 2 kali sehari untuk mencegah sembelit atau susah buang air besar.

8. Penambah nafsu makan
Mengembalikan nafsu makan yang kurang. Ambillah kulit jeruk yang segar dan jemurlah sampai kering. Campurkan kulit jeruk itu dengan daun teh. Ketika kamu sedang tidak punya nafsu makan, tambahkan air yang masak ke dalam dan diaduk. Buatlah segelas �teh kulit jeruk�. Cara ini dapat mengembalikan nafsu makan kamu yang hilang.

9. Mengobati radang pangkreas
Rebus 30 gram kulit jeruk dan 10 gram licorice (akar manis) dengan air.

10. Mengobati hangover
Hangover atau perasaan sakit pada waktu bangun pagi setelah minum minuman keras terlalu banyak. Cara penggunaanya, rebuslah 30 gram kulit jeruk segar dengan air untuk 15 sampai 20 menit, tambahkan sedikit garam dan minumlah.

11. Menghilangkan bau mulut
Anda dapat mengunyah sepotong kecil kulit jeruk yang segar dapat menghilangkan bau mulut.

12. Mencegah sesak di dada sesak napas
Tambahkan air didih ke dalam gelas yang berisi kulit jeruk segar, tutuplah selama 10 menit, dan tambahkan gula sebelum kamu meminumnya, ia dapat menghentikan rasa sesak di dada dan radang tenggorokan.

13. Mengobati masalah pencernaan
Rendam 50 gram kulit jeruk dengan wine putih untuk kurang lebih selama 20 hari, ini sangat baik buat pencernaan, pusing dan muntah. Jika kamu makan terlalu banyak makanan berlemak dan merasa panas dalam, cobalah cara ini.

14. Mencegah mabuk perjalanan
Satu jam sebelum naik mobil, ambilah secuil kulit jeruk yang segar terus dekatkan ke hidung anda dan hiruplah aroma jeruk di kulitnya. Setelah naik mobil, terus menghirup minyak kulit jeruk itu untuk mencegah mabuk perjalanan.

15. Mengobati bronchitis
Bronchitis atau sakit radang pada saluran paru-paru kronis, cara penggunaanya taruhlah 5 sampai 15 gram kulit jeruk ke dalam sebuah gelas, tambahkan air yang mendidih untuk membuat segelas teh kulit jeruk. Minumlah sesering mungkin.

Demikianlah ulasan mengenai Manfaat kulit jeruk bagi kesehatan jika anda mengetahui manfaat lain dari kulit jeruk yang sudah admin paparkan di atas alangkah baiknya jika menyempurnakaannya pada kolom komentar yang telah disediakan. Terima kasih atas kunjungaanya dan semoga bermanfaat.#snf

Posting Komentar

  1. wah hasiatnya melimpah sekali ya... gak nyanka kulit jeruk manfaatnya banyak banget, padahal selalu kita buang selama ini..

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK