Nyeri atau sakit punggung merupakan jenis keluhan yang umum dijumpai bahkan kita alami sendiri. Sakit atau nyeri punggung biasanya tidak disebabkan oleh penyakit yang serius, tetapi karena dipicu oleh sikap badan yang salah, seperti duduk, membungkuk, atau mengangkat. 


Jenis sakit atau nyeri punggung
Sakit punggung lebih sering terjadi pada punggung bawah atau dengan istilah lain disebut lower back pain, akan tetapi dapat juga dirasakan di sekitar sepanjang tulang belakang, yakni dari leher Anda ke pinggul. Sakit punggung mencakup nyeri leher, nyeri bahu, bahu terasa kaku atau beku, ankylosing spondylitis - kesulitan mendongakkan kepala, pegal linu, dsb.


Cara mengatasi sakit atau nyeri punggung
Berikut ini beberapa saran yang kami kutip dari situs nhs.uk untuk mengatasi nyeri punggung.

Cobalah untuk tetap seaktif mungkin dan lanjutkan kegiatan sehari-hari Anda. Dulu, dokter menyarankan istirahat bagi penderita sakit punggung, namun kini pendapat itu sedikit berbeda, sebagian besar ahli sependapat bahwa membiarkan punggung tidak aktif untuk jangka waktu yang lama justru berakibat buruk bagi punggung. Aktivitas yang ringan seperti berjalan atau melakukan tugas sehari-hari, akan membantu pemulihan sakit punggung.

Untuk meredakan nyeri punggung, orang biasanya menggunakan obat penghilang rasa sakit, seperti parasetamol atau ibuprofen, namun tentu saja harus dengan saran dokter.

Kompres dengan es pada bagian punggung yang nyeri bila hal nyeri tersebut Anda alami dalam 24 – 72 jam, kemudian kompres dengan air hangat.

Sebagian orang melakukan terapi, dan ada pula yang melakukan yoga untuk menghilangkan nyeri punggung.

Keadaan pikiran juga memainkan peran penting dalam penyembuhan. Saat mengalami rasa sakit, tentu saja kita sulit untuk ceria, namun penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang tetap positif cenderung lebih cepat pulih daripada mereka yang merasa depresi.


Cara mencegah nyeri punggung
Seperti kata pepatah: lebih baik mencegah daripada mengobati. Aktivitas kita yang padat dan beragam berpeluang membuat kita mengalami nyeri punggung. Karena nyeri punggung sebagian besar diakibatkan oleh sikap badan yang salah, maka tentu saja kita perlu memperhatikan bagaimana sikap kita duduk, berdiri, mengangkat, bahkan tidur.

Cobalah agar tidak memberi terlalu banyak tekanan pada punggung dan memastikan punggung kuat dan lentur. Misalnya, perhatikan bagaimana posisi bersandar Anda saat duduk, hindari duduk terlalu lama, sebaiknya selingi dengan berdiri atau berjalan beberapa menit.

Olahraga teratur, seperti berjalan kaki dan berenang, adalah cara terbaik untuk mencegah nyeri punggung. Kegiatan seperti yoga pun sangat baik untuk meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot punggung. 


Cara mengatasi nyeri punggung di atas merupakan tips untuk kasus nyeri punggung biasa, yang kejadiannya sampai dengan beberapa hari. Bila Anda mengalami nyeri punggung yang berkelanjutan, sebaiknya meminta saran dokter.

sumber: www.tipsmu-tipsku.com

by

Posting Komentar

  1. Ayo cegah penyakit degenaratif dengan makan yang bergizi dan herbal bawang daya, daun afrika, temulawak dll. Terbukti herbal lebih murah dan hasilnya jauh lebih baik dr obat kimia. Hub kami chasiapro@gmail.com

    BalasHapus
  2. salah satu terapi untuk Low Back Pain adalah menggunakan korset lumbal. penggunan korset lumbal sebenarnya hanya untuk membantu percepatan penyembuhan karena terapi. bila terapi tidak dijalankan ya korset lumbal hanya berguna untuk memberikan support pada punggung supaya beban pungung tidak berlebihan. semuanya harus saling melengkapi untuk memberikan hasil yang maksimal.

    BalasHapus
  3. Backache is an epidemy nowadays. All people who I know have problems with their back. Physical exercises is the most effective way to cure backbone.

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK