Sejak tahun 2005 lalu tanggal 14 Juni dinyatakan sebagai Hari Donor Darah Sedunia (HDDS). Pada mulanya ini ditujukan untuk menarik sukarelawan baru dalam mendonorkan darah dan juga sebagai penghargaan kepada semua pendonor darah di seluruh dunia yang secara rutin mendonorkan darahnya setiap tiga bulan sekali.

Mengapa Juni dan tanggal 14 dipilih sebagai peringatan Hari Donor Darah Sedunia? Alasannya adalah karena pada tanggal tersebut merupakan hari kelahiran Karl Landsteiner, pemenang hadiah Nobel yang menemukan sistem golongan darah ABO. Hal ini diharapkan dapat menjadi perayaan tiap tahun sebagai penghargaan dan peran penting pendonor darah di seluruh belahan dunia.

Ada beberapa organisasi bertaraf internasional yang turut serta mencetuskan HDDS antara lain, The World Health Organization (WHO), International Society of Blood Transfusion (ISBT), International Federation of Blood Donor Organizations (FIODS) dan the International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC). HDDS diadakan untuk meningkatkan kesadaran mendonorkan darah bagi kemanusiaan, karena masih banyak orang yang belum menyadari betapa pentingnya mendonorkan darah, bagi orang yang membutuhkan dan terutama bagi diri sendiri.

Setiap detik setiap hari, orang di seluruh dunia, dari segala usia dan dari semua lapisan masyarakat, memerlukan transfusi darah untuk bertahan hidup. Dunia masih kekurangan darah untuk didonasikan. 40 persen darah yang terkumpul didonasikan untuk negara berkembang, karena negara berkembang merupakan negara yang memiliki penduduk banyak dan membutuhkan donor darah lebih banyak. 99 persen dari 500.000 wanita meninggal setiap tahun selama kehamilan dan persalinan yang tinggal di negara berkembang, dengan perdarahan, penyebab paling umum kematian ibu.

Anda mungkin berpikir, jika darah saya disumbangkan maka nanti saya akan kekurangan darah dong! Pikiran yang sungguh picik dan sempit! Sebaliknya, Anda malah akan mendapat banyak keuntungan dari segi kesehatan. Dengan mendonorkan darah Anda akan mengetahui kesehatan Anda saat ini melalui serangkaian tes yang dilakukan sebelum mendonorkan darah. Tahukah Anda bahwa mendonorkan darah menyehatkan jantung? Karena kadar zat besi yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan penyakit jantung. Zat besi yang berlebih dapat mengakibatkan oksidasi kolesterol, hasil oksidasi tersebut akan menumpuk pada arteri yang memicu serangan jantung dan stroke. Langsing adalah idaman para wanita, Hey ladies donorkan darahmu jika ingin langsing, karena dengan mendonorkan sekantong darah akan membantu pembakaran kalori sekitar 650 dan itu cukup untuk membuat pinggang Anda terbentuk jika rutin mendonorkan darah. Kebahagiaan secara psikologis karena Anda telah menjadi pahlawan bagi seseorang di luar sana yang tidak Anda kenal, tertolong berkat darah yang Anda donorkan. Dan banyak manfaat lainnya dari mendonorkan darah.

Darah yang aman menyelamatkan hidup seseorang. Prosedur untuk mendonorkan darah melalui tahapan tertentu sehingga darah yang didonorkan aman bagi penerimanya. Ketika Anda memiliki niat untuk mendonorkan darah, segera datang ke Unit Pelayanan Donor Darah terdekat, lalu ungkapkan keinginan Anda untuk mendonorkan darah pada petugas. Kemudian petugas akan melakukan langkah awal yakni, Anda mengisi formulir kebersediaan mendonorkan darah, pemeriksaan tensi darah, pemeriksaan golongan darah, pemeriksaan HB, riwayat penyakit yang pernah di derita, tidak sedang haid, tidak bergadang pada malam sebelumnya, dan sehat secara umum.

Setelah lulus dari serangkaian tindakan tersebut barulah Anda diperbolehkan mendonorkan darah Anda. Tidak hanya sampai disitu, setelah Anda selesai mendonorkan darah Anda, maka darah Anda akan diperiksa di laboratorium untuk mengecek ada atau tidaknya HIV/AIDS, Hepatitis dan penyakit menular atau membahayakan lainnya. Setelah semua proses dilakukan dan darah Anda aman dari berbagai penyakit maka darah Anda siap untuk didonorkan.

Oleh karena itu, saat ini tanamkan dalam diri Anda bahwa mulai hari ini saya akan mendonorkan darah sebagai wujud syukur pada Tuhan karena telah diberikan kebahagiaan dan kesehatan. Mari jadikan donor darah sebagai gaya hidup sehat modern. Salam sehat!
Bersama bantu sesama.. :)

by

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK