6 Manfaat Daun Pepaya Bagi KesehatanPepaya buah yang sangat mudah kita jumpai di beberapa derah di Indonesia. Sehingga buah ini sangat familiar. Rasanya yang enak dan manfaat yang luar biasa, membuat pepaya sebagai salah satu buah favorit. Tapi tahukah anda, selain buahnya yang bermanfaat bagi kesehatan, ternyata daunnya juga memiliki manfaat tersembunyi.


Daun pepaya memiliki rasa yang begitu pahit ketika dikonsumsi. Tapi dibalik rasanya yang pahit daun ini mengandung beberapa vitamin, seperti vitamn B1, A dan C. Dibawah ini adalah manfaat dari buah pepaya seperti dilansir oleh healt liputan 6.

1. Dapat mencegah kanker

Peneliti menemukan bahwa getah putih yang bernama white milky latex pada batang daun dapat digunakan sebagai obat antikanker. Hal ini karena, getah tersebut dapat mencegah dan membunuh sel-sel kanker dengan kandungan acetogeninnya.

2. Memperbaiki saluran pencernaan

Tidak hanya buahnya yang dapat melancarkan saluran pencernaan, daun pepaya juga dapat melakukan hal itu. Kandungan zat karpin dalam daun pepaya dapat membasmi mikroorganime jahat yang mengganggu pencernaan.

3. Obat demam berdarah

Jika terkena demam berdarah, daun pepaya sangat baik untuk mengobati penyakit tersebut. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan 5 lembar daun pepaya, temulawak, meniran dan gula merah. Rebus semua hingga masak, lalu dinginkan sebelum diminum

4. Mengontrol tekanan darah

Daun pepaya juga dapat mengontrol tekanan darah. Cara penggunaannya, ambil 5 lembar daun pepaya, rebus dengan setengah liter air. Kemudian, biarkan air menguap hingga tinggal sekitar 3/4. Setelah dingin, minumlah. Untuk mengurangi rasa pahit dapat dapat menambahkan gula merah atau madu.

5. Merawat kesehatan rambut

Daun pepaya dapat mengatasi kebotakan, kerontokan dan ketombe. Cara penggunaannya, tumbuk daun pepaya dan oleskan pada kulit kepala hingga merata.

6. Obat anti nyeri haid

Nyeri haid biasa sangat menggangu aktifitas perempuan. Jika sedang haid, cobalah untuk rutin meminum air rebusan daun pepaya.


Itulah 6 manfaat tersembunyi dari daun pepaya, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

  1. sayang daun pepaya rasanya pahit, padahal manfaatnya luar biasa...
    (atau karna saya belum pandai mengolahnya) :-(

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK