Maraknya isu terkait lulusan ITS yang mendapat penolakan kerja akibat masalah kesehatan terus mendapat perhatian dari banyak kalangan. Tak ingin hal tersebut menjadi kenyataan, berbagai fakta dan info tentang pola hidup mahasiswa semakin sering disosialisasikan. Bahkan, gelaran Pekan Kesehatan Mahasiswa segera diusung untuk menjawab isu tersebut.
Kegiatan yang diusung oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela (KSR) ITS diisi oleh dua kegiatan utama, yaitu Donor Darah dan Cek Kesahatan. Keduanya digelar selama lima hari hingga Sabtu (19/4) mendatang di lima tempat berbeda. Yakni Plasa Jurusan Teknik Industri, Teknik Sistem Perkalapan, dan Teknik Informatika. Ada juga yang dihelat di depan Teater B dan Plasa dr. Angka.

Tania Rahma, ketua panitia menjelaskan konsep acara di tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Ia menyebutkan tahun lalu kegiatan semacam ini hanya dilaksanakan di satu tempat selama dua hari. Namun, hal tersebut dirasa masih belum bisa memfasilitasi seluruh mahasiswa ITS. ''Apalagi kampus ITS wilayahnya luas,'' terang mahasiswi yang akrap di sapa Tania itu.

Selain itu, mahasiswi Jurusan Sistem Informasi ITS ini juga menerangkan acara yang bekerja sama dengan PMI dan Anlene ini ditujukan kepada mahasiswa. Ia juga menyebutkan enam paket cek kesehatan yang ditawarkan kepada peserta. Antara lain cek kadar kolestrol, gula darah, asam urat, lemak dan tekanan darah, tulang serta paket lengkap yang terdiri dari keenamnya.

Menurutnya, isu tersebut seharusnya menarik perhatian mahasiswa ITS, terutama jika dikorelasikan dengan pola hidup tidak sehat yang dijalani mahasiswa ITS selama ini. ''Seperti kebiasaan begadang dan makan makanan berminyak,'' tambahnya.

Senada dengan Tania, dr Nurlisa Nalia Aulia juga mengungkapkan penyakit kolestrol merupakan penyakit yang cukup mematikan apabila tidak segera ditanggapi. Alhasil, penyakit ini menjadi sorotan tersendiri selama sesi konsultasi berlangsung. ''Sama halnya seperti penyakit jantung koroner akibat penumpukan di pembuluh darah. Sehingga ia menyarankan agar mahasiswa ITS dapat merubah pola hidupnya, terutama pola makan dan olahraga yang teratur,'' tutupnya.

sumber: its.ac.id
#snf

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK