Di musim hujan seperti sekarang ini, penyakit yang sering menyerang masyarakat yaitu batuk dan pilek. Untuk mengatasi dua gangguan kesehatan itu, selain minum obat ada pula beberapa cara menyenangkan yang bisa dilakukan.

Inilah tujuh cara menyenangkan yang bisa dilakukan untuk mengusir batuk dan pilek seperti dikutip dari MSN, Rabu (25/12/2013):

1. Pijat
Dipijat oleh orang lain atau hanya memanfaatkan kepalan otot Anda bisa membantu mengurangi hormon stres alias kortisol serta meningkatkan respons imun. Studi Cedars-Sinai tahun 2012 menunjukkan orang dewasa sehat yang rutin dipijat ala Swedia selama lima minggu memiliki peningkatan limfosit yang berguna untuk melawan penyakit.

2. Menonton film lucu
Tertawa bisa memicu pertumbuhan sel-sel pelindung tubuh, terutama sel-sel darah putih yang disebut sel T dan berasal dari thymus serta sistem kekebalan tubuh. Tertawa dikenal bisa menurunkan tingkat stres sehingga sistem kekebalan tubuh pun terpengaruh. Meskipun review di Complementary Medicine mengatakan bahwa hubungan kegembiraan dengan kekebalan terkadang masih bersifat tentatif.


3. Berpikir positif

Dengan tetap bersyukur dan berusaha mengambil hikmah dari apa yang Anda alami, bisa memicu koneksi antara kekebalan dan kesenangan. "Terutama dalam situasi stres jangka pendek, menjaga tubuh tetap optimis dan positif sangatlah membantu," kata psikolog Carl Charnetski.

4. Bercinta
Studi dari Wilkes Univeristy, Pennsylvania melaporkan bahwa peserta penelitian yang berhubungan seks sekali atau dua kali seminggu memiliki imunoglobulin A (antibodi yang menangkal virus flu) lebih banyak dalam air liurnya ketimbang peserta yang jarang berhubungan intim. Beberapa peneliti mengatakan seks di pagi hari bisa mendorong produksi bahan kimia pengurang stres yang dapat bertahan sepanjang hari.

5. Konsumsi 'pelangi'
Pelangi dalam hal ini adalah makanan yang kaya antioksidan. Menurut ahli gizi dari Duke University, Beth Reardon, beberapa asupan yang bisa diandalkan adalah blueberry, cranberry, stroberi, kangkung, wortel, bit, dan kol ungu. 

6. Pergi tidur lebih awal
Banyak data menunjukkan orang yang jam tidurnya setiap hari kurang dari tujuh jam tiga kali lebih rentan terkena batuk dan flu. Sebab, pada dasarnya tidur justru bisa membakar bahan bakar untuk pembentukan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kurang tidur juga bisa memicu seseorang merasa stres.

7. Hang out dengan teman
Hang out bisa sekaligus Anda jadikan ajang berolahraga. Selain tubuh bugar, kondisi psikis Anda pun akan berpengaruh karena orang yang kesepian cenderung mempunyai kekebalan tubuh yang rendah. Studi dari Carnegie Mellon University menemukan bahwa orang-orang yang memiliki jaringan sosial luas, akan lebih sebentar terkena flu. Jadi, tak ada salahnya Anda mengunjungi teman atau berjalan keliling komplek bersamanya, asal pastikan virus flu tidak menular, misalnya dengan menggunakan masker.

sekian... semoga bermanfaat.. ;)

sumber: detik.com
#snf

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK