Pelatihan SIBAT bertujuan untuk meningkatkan respon masyarakat setempat dengan memberikan masukan-masukan (pelatihan) teknis tambahan pada penanganan korban massal, TRIAGE (pemilahan penderita medis/trauma) , langkah-langkah mitigasi, sistem komando darurat di masyarakat, SAR dasar yang berfokus pada bahaya/ancaman bencana yang ada di wilayah masyarakat tersebut

Kenapa pelatihan bagi masyarakat dianggap penting?
Dalam rantai penyelamatan, masyarakat sebagai penolong pertama memiliki peran yang sangat penting. Bila salah satu rantai gagal dalam fungsinya maka akan mengagalkan jalannya rantai selanjutnya dan berakhir pada kegagalan sistem penyelamatan.

"Pelatihan Pendampingan SIBAT ini sendiri berfungsi sebagai langkah mendampingi para SIBAT yang terbentuk dari masyarakat yang telah mendapat pembinaan khusus oleh PMI" Kata Bu Dasawarsa yang akrab dipanggil Bu Dasa.

Di dalam waktu 24 – 72 jam pertama terjadinya bencana, masyarakat sering terpaksa menyelamatkan diri mereka sendiri dan keluarganya. Disisi lain, dalam masa ini sangat penting dalam upaya penyelamatan yang cepat dan tepat, penentuan prioritas bantuan, pengungsian yang tepat, dan permintaan serta penyiapan bantuan dari pihak luar.
Oleh karena itu maka perlulah membekali masyarakat dengan ilmu penyelamatan yang sesuai. Walaupun mereka tidak harus menjadi penyelamat profesional. Namun diharapkan mereka mampu menjalankan peran rantai penyelamatan sehingga tidak terputus.

"Korps Suka Rela (KSR) sebagai tenaga terdidik yang telah melewati pelatihan dasar standard selama 120 jam diharapkan dapat memaksimalkan kinerja dari SIBAT itu sendiri" imbuh bagian Diklat dan SDM PMI Kota Surabaya ini.

Pelatihan ini sendiri berlangsung selama 3 Hari semenjak Jum'at kemarin hingga Minggu esok dan sudah dilakukan sebanyak 2 kali. Peserta berjumlah 30 orang per pelatihan yang rata-rata diambil dari KSR unit Perguruan Tinggi dan Markas.

"Setelah Pelatihan ini nantinya akan diadakan Simulasi langsung bersama dengan masyarakat di lokasi" Pungkas Bu Dasa.

"Semoga Pelatihan ini bisa bermanfaat bagi semua.. :)

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK