,


Belum genap satu tahun roda kepengurusan, UKM KSR PMI ITS mencoba meng-upgrade kemampuan keorganisasian para pengurus. Agar selain menguasai skill kepalangmerahan, KSR PMI ITS kedepannya juga bisa menguasai skill keorganisasian. Sehingga setiap kegiatan yang akan dilaksanakan oleh UKM ini akan berjalan dengan baik karena skill keorganisasian sudah ter-upgrade.
Pada hari jumat, tanggal 05 oktober 2012, acara upgrading UKM KSR PMI ITS resmi dimulai dengan materi pertama yaitu manajemen waktu dan arti tanggung jawab yang difasilitatori oleh lino meris rahmanto. Dalam materi ini dijelaskan bagaimana pentingnya mengatur jadwal kegiatan sehari-hari agar tanggung jawab yang diemban bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Acara upgrading ini berakhir pada hari minggu, tanggal 07 oktober 2012. Banyak sekali materi-materi keorganisasian yang disampaikan pada acara ini, antara lain: komunikasi, perencanaan kegiatan, leadership followership, dll. Acara ini difasilitatori atau disampaikan oleh tiga nama, yaitu jahidul umam, abdul ghofar, dan  lino meris rahmanto. Ketiga orang ini termasuk dalam pendiri dari UKM KSR PMI ITS.
Sebelum materi dalam upgrading ini disampaikan, dilakukan suatu permainan terlebih dahulu. Setelah itu, dicari esensi atau hikmah dari permainan tersebut. Kemudian disesuaikan dengan kondisi suatu organisasi sehingga kita dapatkan ilmu tentang keorganisasian dari permainan tersebut. Untuk menambah semangat dari peserta upgrading ini, fasilitator menyediakan gambar bintang dan tengkorak. Bintang diberikan kepada yang menurut fasilitator sebagai peserta terbaik pada setiap materi dan tengkorak bagi yang sebaliknya. Setelah acara selesai, bintang dan tengkorak akan dihitung. Siapa yang mendapat bintang terbanyak adalah pemenang dan akan mendapatkan hadiah. Sementara yang mendapat tengkorak terbanyak akan mendapat hukuman. Pada akhirnya, terpilihlah apry permatasari sebagai pemenang dengan mengumpulkan enam bintang dan desta wahyu diantoro yang kalah dengan mengumpulkan empat tengkorak.
Acara upgrading ini lebih terpusat pada materi keorganisasian yang disampaikan oleh fasilitator-fasilitator. Sehingga setelah materi-materi tersebut sudah diberikan, diharapkan para pengurus UKM KSR PMI ITS bisa mengaplikasikan ilmu yang telah didapat dalam kehidupan berorganisasi. "materi ini tidak berguna ketika tidak diaplikasikan. Sehingga teman-teman harus sedikit demi sedikit mempraktekan materi-materi ini," terang jahidul umam, salah satu fasilitator pada saat pasca acara.


Suasana kegiatan Upgrading

Fasilitator Upgrading

Fasilitator memberikan materi Upgrading

Permainan tentang komunikasi keorganisasian

Permainan tentang kepercayaan

Permainan tentang strategi berkegiatan

Firewalking Upgrading

Pemberian hadiah kepada pengumpul bintang terbanyak


Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK