Korps Sukarela (KSR) adalah salah satu kesatuan sumber daya manusia yang menjadi relawan di dalam perhimpunan Palang Merah Indonesia (PMI). Pada tahun ini resmi berdiri UKM yang bernama Korps Sukarela Palang Merah Indonesia ITS (KSR PMI ITS) Angkatan Pertama. UKM ini akan mewadahi mahasiswa-mahasiswa berjiwa sosial yang ingin terjun dalam bidang kemanusiaan di lingkungan ITS dan sekitarnya.
Untuk menjadi anggota UKM ini, diwajibkan mengikuti pelatihan yang langsung dipimpin oleh PMI cabang kota Surabaya. Selanjutnya anggota UKM ini akan menjadi anggota dari PMI cabang tersebut. Pelatihan yang harus dijalani adalah Diklatsar Ruang (Pendidikan dan Latihan Dasar Ruangan) dan Diklatsar Lapangan (Pendidikan dan Latihan Dasar Lapangan).
KSR PMI ITS menjalani pelatihan Diklatsar Ruang pada tanggal 28 april 2012 sampai 20 mei 2012 setiap hari sabtu dan minggu. Dalam pelatihan ini, setiap anggota mendapatkan materi standar KSR dari PMI yang diantaranya adalah pertolongan pertama, perawatan keluarga, manajemen penanggulangan bencana, penampungan sementara, dan lain-lain. “Materi Diklatsar Ruang sangat bermanfaat disini,” ungkap salah satu anggota.
Pada tanggal 7-9 september 2012, UKM KSR PMI ITS mengikuti pelatihan terakhir yaitu Diklatsar Lapangan yang diadakan di daerah Coban Talun, desa Tulungrejo, kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu. Disinilah anggota UKM KSR PMI ITS Angkatan Pertama digembleng menjadi relawan PMI sesungguhnya dengan menjalani simulasi dari semua materi yang diberikan pada Diklatsar Ruang. Simulasi yang dilakukan antara lain tanggap darurat bencana, pertolongan pertama, pertolongan pada korban banyak, dan lain-lain. “Meskipun diklat (lapangan) ini berat, tapi inilah yang akan kita hadapi di lapangan, malah mungkin bias lebih dari ini,” terang salah satu peserta Diklat Lapangan.
Dan pada tanggal 9 september 2012, KSR PMI ITS resmi menjadi relawan PMI di lingkungan kampus ITS dan sekitarnya setelah dikukuhkan oleh Kepala Pembinaan Sumber Daya Manusia PMI Kota Surabaya. Dengan menyelesaikan seluruh pelatihan standar PMI yaitu Diklatsar Ruang dan Diklatsar Lapangan, maka UKM KSR PMI ITS ini siap menjadi satu-satunya organisasi yang bekerja di bidang medis di lingkungan kampus ITS Surabaya dan sekitarnya.
Selanjutnya, KSR PMI ITS akan melakukan simulasi lapangan secara rutin setiap tiga bulan sekali. Hal ini dilakukan agar semakin menambah kemampuan anggota dalam bidang medis dan tanggap darurat. “setelah ini, kita akan melakukan simulasi setiap tiga bulan sekali,” ujar Kepala Pembinaan Sumber Daya Manusia PMI Kota Surabaya.

  KSR PMI ITS Angkatan Pertama

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK