, ,

ESQ atau Emotional Spiritual Quotient adalah sebuah metode training yang mampu menggabungkan tiga potensi dasar manusia, yaitu kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ) sehingga  memberikan motivasi intelektual, emosional, dan spiritual dalam upaya meraih kebahagiaan hakiki. ITS selalu mengadakan ESQ Training untuk Mahasiswa Baru tiap tahunnya. Dengan adanya Training ini, diharapkan bisa membuka Kecerdasan Emosional dan Spiritual mereka. Selain itu, ESQ ini juga bertujuan merefresh pikiran, membangun mental, dan membentuk karakter para mahasiswa baru pada jenjang D3 dan S1 dilingkup
kampus ITS. Training ini dilaksanakan pada tanggal 28 Juli sampai 4 Agustus 2012 yang dibagi dalam empat gelombang. Tiap gelombang dilakukan selama dua hari dan dikuti oleh lebih dari 900 mahasiswa baru pada tiap gelombangnya.

Sebagai satu-satunya organisasi yang bekerja di bidang medis, UKM KSR PMI ITS diminta oleh pihak penyelenggara ESQ di ITS untuk menjadi Tim Kesehatan yang bertugas sebagai tim yang dibutuhkan ketika ada korban pingsan atau yang membutuhkan pertolongan pertama. sementara untuk tenaga kesehatan atau medis lanjutan dilakukan oleh para dokter dari RS. Haji Sukolilo, Surabaya. Tim Kesehatan dari KSR PMI ITS ada empat orang yang terdiri dari dua orang laki-laki dan dua orang perempuan tiap harinya. Beberapa rekan-rekan dari KSR PMI ITS yang tergabung dalam Tim Kesehatan pada penyelenggaraan ESQ Training tahun ini adalah M. Hilmi Pamungkas, M. Zainulloh Rizal, Achmad Fatoni, Isha Frandika, Siti Chamdalah, Eva Juniati, Intan Widya K, Indi Arkandi, dan rekan-rekan yang lainnya. pada tiap harinya, ada 3-4 mahasiswa yang membutuhkan pertolongan medis. sehingga Tim Kesehatan KSR PMI ITS dianggap sangat dibutuhkan untuk membantu para dokter dalam hal menolong mahasiswa-mahasiswa tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tugas sebagai Tim Kesehatan ini, pertama kali dilaksanakan oleh UKM KSR PMI ITS pada tahun ini dikarenakan baru berdirinya organisasi ini di lingkup ITS. sementara itu, pada tahun-tahun sebelumnya, Tim Kesehatan pada ESQ Training bagi mahasiswa baru dilakukan oleh UKM pramuka. setelah berdirinya UKM KSR PMI ITS, tugas tersebut diberikan oleh UKM Pramuka kepada organisasi ini.

Semoga UKM KSR PMI ITS menjadi Organisasi yang dapat diandalkan dalam bidang medis di lingkup kampus ITS maupun di luar kampus ITS.
KSR PMI ITS...!!!
bersama, membantu sesama,
Jaann, Jooss, pooll.


Acara saat ESQ



Kegiatan Pertolongan Pertama



Para ATS (Alumni Training Support)


Tim Kesehatan UKM KSR PMI ITS pada ESQ Training gel. 4 hari kedua

Tim Kesehatan UKM KSR PMI ITS bersama salah satu Tim Medis RS. Haji Sukolilo, Surabaya

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK