Kondisi meja kerja yang berantakan bisa membuat seseorang sulit berkonsentrasi atau sebaliknya, malah lebih mudah menemukan ide-ide cemerlang. Nah, terlepas dari Anda tipe orang yang suka pada kerapian atau berantakan, kedua suasana bekerja seperti itu sama-sama punya manfaat lho.

Studi yang dilakukan peneliti di University of Minnesota menemukan bahwa orang-orang yang rapi lebih murah hati dan cenderung makan sehat, sedangkan orang yang suka dengan suasana berantakan lebih kreatif dan berani mengambil risiko.

Untuk studi ini, peneliti meminta dua kelompok siswa untuk melakukan serangkaian tugas baik di ruangan rapi atau berantakan, lengkap dengan kertas dan alat tulis. Setelah itu mereka disediakan kotak amal dan ditawari apel serta cokelat. Hasilnya, 82% orang yang bekerja di ruangan rapi mau menyumbang uang.

Sedangkan, dari peserta di ruangan berantakan, hanya 47% yang mau menyumbang. Sebanyak 67% orang dari ruangan rapi pun memilih apel, dibanding dari ruangan berantakan hanya 20% yang memilih apel. Kemudian, mereka diminta untuk mengikuti tes kreativitas di mana masing-masing peserta di ruangan rapi dan berantakan diberi meja pingpong

"Mereka yang melakukan brainstorming di ruangan berantakan memiliki ide yang lebih kreatif. Papan meja dianggap bisa menjadi nampan untuk es atau sebagai alas lantai," terang salah satu peneliti Profesor Kathleen Vohs dalam laporannya di jurnal Psychological Science, dan dikutip pada Senin (26/1/2015).

Sementara, peserta dari ruangan rapi hanya memiliki ide menggunakan meja tersebut untuk bermain bir pong, di mana sudah pernah dimainkan sebelumnya. Setelah itu, mereka juga diminta untuk memilih restoran dengan menu klasik dan baru. Hasilnya, peserta dari ruangan berantakan lebih memilih menu baru ketimbang peserta di ruangan rapi yang memilih menu klasik.

"Ini menunjukkan bahwa mereka yang berada di ruangan berantakan cenderung berani mencoba sesuatu yang baru dan otomatis mereka berani mengambil risiko. Dibandingkan mereka dari ruangan rapi yang cenderung main 'aman' dengan memilih makanan menu klasik," lanjut Prof Vohs.

Lebih lanjut, Prof Vohs menuturkan pada dasarnya lingkungan atau area yang berantakan dibagi menjadi dua tipe yaitu berantakan karena berang di dalamnya tidak teratur atau sekadar kotor. Tetapi, jika sudah terlalu kotor misalnya banyak tumpukan sampah, bekas makanan, dan debu, Prof Vohs mengatakan sudah saatnya Anda membersihkannya.

"Meskipun dengan begitu Anda bisa kreatif tapi kesehatan Anda-lah taruhannya. Berantakan tidak masalah, tetapi usahakan untuk tidak terlalu kotor," pungkas Prof Vohs.

sumber: health.detik.com

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK