Siklon tropis Haiyan tumbuh pada tanggal 4 November 2013 pada 07.00 WIB di Samudera Pasifik timur laut Papua Nugini dengan pergerakan ke arah barat barat laut menuju ke wilayah Filipina. Seiring pergerakannya ke arah Filipina, siklon tropis Haiyan mengalami peningkatan intensitas, hingga saat ini pada tanggal 8 November 2013 pukul 07.00 WIB intensitas Haiyan mencapai kecepatan angin tertinggi 125 knot (230 km/jam) dan tekanan udara terendah 895 mb. Posisi typhoon Haiyan pada 8 November 2013 pukul 07.00 WIB berada di 11.0 LU dan 124.8 BT, sekitar Kepulauan Visayan, Filipina bagian tengah.

Gambar 1. Lintasan Typhoon Haiyan dan prakiraan

Prediksi trajektori typhoon Haiyan kecenderungan akan meninggalkan Filipina dan berangsur-angsur intensitasnya akan turun, pergerakan typhoon Haiyan tersebut bergerak kearah barat menuju Laut China Selatan dengan kecepatan 21 knot (40 km/jam) menjauhi wilayah Indonesia.

Dampak typhoon Haiyan memberikan dampak secara langsung di Filipina berupa angin kencang lebih dari 20 knot serta hujan lebat yang memberikan dampak lanjutan berupa tanah longsor
Gambar 2. Citra Satelit Cuaca 8 November 2013, 07.00 WIB

Dilaporkan oleh CNN pemerintah Filipina telah mengevakuasi penduduk hingga 10.000 ribu jiwa. Super typhoon Haiyan merupakan siklon tropis ke 30 yang tumbuh Samudera Pasifik barat laut sepanjang tahun 2013. Rata - rata pertumbuhan siklon tropis di wilayah ini adalah sebanyak 27 kejadian per tahun. Sedangkan bila dilihat dari rata-rata bulanan diketahui bahwa rata-rata pertumbuhan siklon tropis pada bulan November adalah 3 kejadian. Super typhoon Haiyan adalah siklon tropis kedua yang tumbuh pada bulan November ini.

Dari catatan historisnya sejak tahun 2000 hingga 2013 di wilayah Samudera Pasifik bagian barat telah tumbuh sebanyak 5 super typhoon yaitu Jangmi (September 2008), Nida (November 2009), Megi (Oktober 2010), Lekima (Oktober 2013), dan yang saat ini sedang terjadi yaitu Haiyan (November 2013). Sementara Super typhoon yang berkategori 5 hanya Megi dan Haiyan. Diantara kelima kejadian super typhoon hanya dua yang benar-benar melintasi kepulauan di Filipina yaitu super typhoon Megi dan super typhoon Haiyan.

Gambar 3. Citra Satelit Cuaca 11 November 2013, 07.00 WIB

Pada tanggal 10 November 2013 pukul 19.00 WIB super typhoon Haiyan telah memasuki memasuki daratan China bagian selatan dan sudah dipastikan telah punah dan tidak lagi diberitakan sebagai siklon super

Bagi wilayah Indonesia dampak dari Haiyan tidak seburuk dengan yang dialami Filipina, beberapa wilayah yang terkena dampak pada umumnya yaitu wilayah Indonesia bagian utara seperti Sulawesi Utara, Sumatera Utara Kalimantan Utara itupun tidak berupa hujan lebat berhari-hari, gelombang tinggi maupun angin kencang.

Bila dilihat dari pergerakannya, pola umum pergerakan siklon tropis di Samudera Pasifik barat laut adalah dari timur ke barat dengan kecenderungan berbelok ke utara menuju daratan China dan Jepang. Sehingga dapat dipastikan bahwa siklon tropis di wilayah ini tidak akan melintasi wilayah Indonesia.

Sedangkan bila dilihat dari rata-rata bulanan diketahui bahwa rata-rata pertumbuhan siklon tropis pada bulan November adalah 3 kejadian. Super typhoon Haiyan adalah siklon tropis kedua yang tumbuh pada bulan November ini, jadi secara klimatologis masih ada peluang satu siklon tropis lagi yang dapat tumbuh di bulan November tahun 2013 ini.

sumber: bmkg.go.id

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK