Sudah Tidur Lama Tapi Kok Masih Ngantuk ya?



Sering Mengantuk Padahal Sudah Tidur?
Jika Anda sudah tidur berjam-jam, tapi masih terasa ngantuk, maka Anda perlu mewaspadai adanya penyakit di dalam tubuh. Rasa kantuk merupakan tanda yang diberikan tubuh agar orang beristirahat, yang biasanya datang di malam hari atau saat merasa lelah. 
Namun kondisi tertentu dapat membuat orang selalu merasa ngantuk, bahkan di waktu kerja. Apa penyebabnya? Dilansir Webmd, berikut beberapa penyebab yang membuat orang selalu mengantuk sepanjang hari:



1. Anemia (kurang darah)

Anemia merupakan penyebab utama rasa kantuk sering datang. Kekurangan darah menyebabkan kurangnya zat besi, sel darah merah yang diperlukan untuk membawa oksigen ke jaringan dan organ tubuh pun berkurang, sehingga menyebabkan orang sering merasa ngantuk.




2. Hipotiroid (menurunnya produksi hormon tiroid)

Tiroid adalah kelenjar kecil di dasar leher, yang berfungsi mengontrol metabolisme dan kecepatan mengubah bahan bakar menjadi energi. Ketika kelenjar kurang aktif dan fungsi metabolisme terlalu lambat, orang bisa merasa badan lesu dan selalu mengantuk.



3. Diabetes

Glukosa adalah bahan bakar dari energi yang dilepaskan dalam sel-sel karena adanya oksigen. Orang dengan diabetes tipe-2 memiliki tingkat glukosa darah yang tinggi, karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa ini untuk menyediakan energi. Oleh karena itu, individu dengan diabetes tipe-2 mengeluh merasa lelah dan mengantuk sepanjang waktu. 



4. Dehidrasi

Kelelahan dan kantuk bisa merupakan tanda dehidrasi. Segeralah cukupi kebutuhan air dalam tubuh agar selalu merasa segar dan bersemangat.




5. Depresi

Depresi bukan hanyan gangguan emosi tetapi juga banyak berkontribusi untuk gejala fisik. Kelelahan, selalu mengantuk, sakit kepala dan kehilangan nafsu makan adalah salah satu gejala yang paling umum pada orang yang mengalami depresi.



6. Gangguan Tidur

Gangguan tidur seperti sleep apnea dan insomnia juga dapat menyebabkan perasaan kelelahan dan kantuk terus-menerus. Tidur digunakan untuk memfungsikan tubuh kembali, sel-sel tubuh memperbaiki dan meremajakan diri.

Sementara pada orang yang menderita kurang tidur karena insomnia, sleep apnea, maka sistem pernapasan akan terhambat sehingga sering menyebabkan kelelahan dan kantuk.



7. Penyakit Jantung

Ketika mudah merasa lelah dan mengantuk dalam melakukan kegiatan sehari-hari, sebaiknya Anda harus memastikan bahwa jantung Anda dalam keadaaan yang baik, karena selalu mengantuk bisa jadi pertanda awal penyakit jantung.





8. Sindrom Kelelahan Kronis

Lelah biasanya segera hilang saat dibawa istirahat. Tapi untuk sindrom kelelahan kronis (chronic fatigue syndrome), lelah tidak cepat hilang dan biasanya ditandai dengan kelesuan, mengantuk, lekas marah, nyeri otot dan dalam beberapa kasus terjadi hilangnya memori. 




Tips dan Cara Mengatasi: 


1. Sayuran Hijau

Sebaiknya perbanyaklah konsumsi sayuran hijau seperti bayam, seledri, lubis, kembang kol, kankung, dan kentang manis. Karena dengan mengkonsumsi dayuran hijau ini, sahabat bisa mengtrol berat badan sahabat dan menaikkan jumlah darah dalam tubuh.



2. Kacang Almond

Kacang almond kaya akan zat besi yang dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh.




3. Buah

Selain mengkonsumsi sayuran hijau, bagi penderita anemia juga dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buah segar. Seperti aprikot, semangka, apel, anggur, kismis dan buah plum yang dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh kita.




4. Banyak minum Air Putih

Selain mengkonsumsi sayuran hijau dan buah kita juga diwajibkan minum air putih minimal 8 gelas/hri



5. Biasakan tidur lebih cepat

Sebaiknya kita tidur lebih awal, karena tidur terlarut larut membuat kita sulit bangun pagi




6. Pola makan

Sebuah pola makan yang buruk dapat membuat tubuh merasa lelah dan lesu. Makan makanan yang tidak sehat atau junk dapat menyebabkan tidur terlalu banyak. Oleh karena itu, makanlah makanan yang kaya nutrisi dan mencakup banyak buah-buahan segar dan sayuran dalam diet mereka dan mengurangi jumlah junk food dan makanan berminyak

Posting Komentar

  1. yang paling aku kwatirkan adalah diabetes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya soalnya bnyk minum bwaanya kencing mulu

      Hapus
  2. kalu kita hanya bisa melakukan hanya minum air putih saja, apakah bisa menghilangkan rasa ngantuk dalam diri kita.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. minum air putih saja tidak cukup, karena mengantuk banyak penyebabnya, contohnya kurang tidur, apabila hanya diatasi dengan air putih tanpa istirahat cukup, saya rasa pengaruhnya tidak begitu signifikan terhadap rasa kantuk yg dialami

      Hapus
    2. Judulnya aja
      Sering Mengantuk Padahal "SUDAH TIDUR"?
      Malah dikasih solusi tambah tidur lagi

      Hapus
    3. Lu ngada-ada... mana ada nyuruh nambah tidur. Yang ada nyuruh tidur lebih awal, biar paginya gampang bangun, jangan berlarut-larut. Hadeuuuh

      Hapus
    4. Wkwkwk...hayu kita tidur lg

      Hapus
    5. Kalau aku ngantuknya pass naik motor atau byetir motor sll ngantuk😀😅😆 Serius beneran dr kecil sll gt ...

      Hapus
    6. Minumnya air yg berkualitas,, minum air alkali alami jangan yg buatan mesin.. Air biasa memang bagus tp butuh berliter2 dan prosesnya lama sbg penghilang dehidrasi...

      Hapus
    7. Minumnya air yg berkualitas,, minum air alkali alami jangan yg buatan mesin.. Air biasa memang bagus tp butuh berliter2 dan prosesnya lama sbg penghilang dehidrasi...

      Hapus
    8. Minumnya air yg berkualitas,, minum air alkali alami jangan yg buatan mesin.. Air biasa memang bagus tp butuh berliter2 dan prosesnya lama sbg penghilang dehidrasi...

      Hapus
    9. Kenapa ya saya selalu mengantuk saat kuliah?

      Hapus
  3. Saya sering mengantuk,biasanya tidur dari jam 7 pagi sampai jam 12 siang,pegal2 n 4l apakah berbahaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya, tidur pagi dapat berpengaruh bagi keseimbangan metabolisme tubuh. biasanya bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti sakit kepala, badan terasa lesu, kanker darah, diabetes hingga jantung..

      Hapus
    2. Sy juga sering ngantuk dn pegel dn lesu...

      Hapus
  4. kenapa kalau saya tidur siang malamnya malah sulit tidur,? mhon penjelasannya, terimakasih ..

    BalasHapus
  5. saya sudah tidur lama tapi masih sja mengantuk dn menguap trus. sampai menahan ngantuk mlah pusing kepalanya terasa berputar-putar. minum kopi hanya bertahan tidak lebih 1 jam dri mengantuk. mohon solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidur yg baik dimulai sekitar jam 9 malam.. Lama tidur yg baik maksimal 8 jam.. Lebih dari itu justru akan mengganggu metabolisme tubuh.. Selain itu biasakan olahraga agar tubuh senantiasa fit n minum air putih minimal 8 gelas per hari agar terhindar dari dehidrasi..
      Tips2 ini tidak instant.. Jd harus diterapkan secara teratur agar terasa manfaatnya..
      Terima kasih..

      Hapus
  6. Saya kerja dari jam 07.00-16.00, plg kerja duduk2 sbntr hbs itu jam 17.00-18.30 saya olahraga jogging, itu saya lakukan dari senin-kamis. Plg dr olahraga istirahat sbntr hbs itu mandi. Nah hbs mandi duduk2 sbntr ato pergi jalan2 saya pasti langsung ngantuk banget dn itu tdk tertahankan, itu kenapa ya...mohon penjelasannya. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru bisa membalas. Terima kasih atas pertanyaannya.

      Setelah bekerja apakah sudah makan dulu beberapa jam sebelumnya? kekurangan energi bisa jadi penyebab ngantuk setelah berolahraga. Selain itu apakah ada riwayat penyakit seperti diabetes, anemia, dan kadar gula darah rendah? penyakit2 tersebut juga bisa menjadi penyebab.

      keterangan lebih lanjut bisa dilihat di post berikut Ngantuk Setelah Olahraga

      Hapus
    2. Saya heran sama diri saya, belakangan ini saya sulit berbicara dengan baik lidah saya terasa sulit saat digunakan untuk berbicara, memori ingatan saya lemah sekali sampai2 org bru ngomong sedetik saya dah lupa, saya sulit berkonsentrasi saat bekerja dan mendengarkan orang yg berbicara.disamping itu saya merasakan kantuk trus menerus padahal udah tidur lama badan saya juga terasa lemas dan malas untuk diajak bekerja. Bisa minta solusi nggak? Trims

      Hapus
    3. Saya heran sama diri saya, belakangan ini saya sulit berbicara dengan baik lidah saya terasa sulit saat digunakan untuk berbicara, memori ingatan saya lemah sekali sampai2 org bru ngomong sedetik saya dah lupa, saya sulit berkonsentrasi saat bekerja dan mendengarkan orang yg berbicara.disamping itu saya merasakan kantuk trus menerus padahal udah tidur lama badan saya juga terasa lemas dan malas untuk diajak bekerja. Bisa minta solusi nggak? Trims

      Hapus
    4. pacaran aja yuk..semnuh deh nanti

      Hapus
    5. Hauhh... itu kan tubuh emang udah merasa lelah dan harus diistirahatkan. Aktivitas pdat gitu juga.

      Hapus
    6. Mungkin anda lagi depresi, salah satu cirinya mudah ngantuk, susah mengatur emosi, kurang bersosial, mudah gugup, selalu berfikir negatif, sulit berkonsentrasi dan kebanyakan menghayal.
      Terkadang penyebabnya adalah tekanan situasi atau lingkungan yang berlebihan, dll.
      Setau saya itu, mudah2han membantu

      Hapus
  7. Saya kalau malam tidur paling minim jam 11 dan bangun jam 5
    Tapi kalau pulang sekolah jam 3 biasanya saya tidur sampai jam 5
    Tapi kenapa waktu jam 8-9 malam saya masih merasa ngantuk? Padahal siang saya sudah tidur

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini kasusnya sama denganku akhir2 ini. pulang kantor tidur sejam 2 jam. jam 8 sudah ngantuk lagi. Btw, apa sebab musababnya ya?

      Hapus
  8. Saya 5 hari kerja senin sd jumat nginap di mess. Istirahat rutin jam 23.00 sd 04.00 dan selalu semangat tdk terasa lelah dan tidak kantuk. Tapi begitu sabtu minggu di rumah, saya seperti drop, terasa lelah, selalu ngantuk dan solusinya tidur terus 2 hari tsb. Normalkah kondisi tsb? Mhn bantuan info dan solusinya. Mksh

    BalasHapus
  9. Ono tiap hari harus jaga makan tidur & olahraga. (-_-) susah banget. :(

    BalasHapus
  10. Saya rasa untuk durasi tidur saya cukup,.. makn pun teratur, tp knapa ya saya masih sering merasa ngantuk,.. dan gampng sekali ketiduran,..tapi yg saya heran ketika saya ketiduran rasa nya macam tak tidur,.. saya masih bisa mndengar suara di sekitar saya,.. dan hal seprti itu hampir setiap hari saya alami,.. apa yang harus saya lakukan ya,..
    Terimakasih,..

    BalasHapus
  11. Saya tidur setiap hari sekitar jam sepuluh malam dan biasa bangun jam setengah tujuh pagi. Tapi akhir'' ini sering terbangun di jam lima pagi walaupun tidak pakai alarm. Dan saat saya ingin tidur lagi tapi tidak bisa karena dada berdebar'' dan kepala saya berdenyut saat mencoba tidur lagi, padahal saya masih sangat mengantuk. Karena hal ini siang hari saat bekerja saya jadi sering mengantuk. Ini kenapa ya dok? Terimakasih.

    BalasHapus
  12. Saya tidur 10 jam masih ngantuk

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Saya tinggal di pesantren dan waktu tidur disini sudah cukup. Bahkan wajib tidur siang. Tapi masih saja kadang ngantuk. Saya juga jarang minum air putih. Mungkin itu penyebabnya. Terimakasih infonya.

    BalasHapus
  15. Saya kerja berat selama 12 jam sehari tiba malam hari sya ngantuk berat. Mohon solusinya

    BalasHapus
  16. kenapa ya saya masih sering ngantuk di pagi hari, padahal saya udah tidur cukup :)

    BalasHapus
  17. Waktu saya mengaji saya pasti tidur dan untuk di bangunin pun susah saya tu terkena penyakit apa, penyebabnya apa, dan cara mengatasinya bagaimana

    BalasHapus
  18. Sy Harly. Umur 52. Sejak smp sy sering ngantuk. Pernah diusir guru krn tidur di skul. Sampe saat ini masih bahkan tambah parah ngantuknya. Pagi jam 7:00 di jalan brkendara antar anak skul ngantuk berat. Padahal waktu tidur cukup.
    Di tempat kerja sekitar jam 9 - 10 sll datang kantuk.
    Mhn pncerahannya. Trims.

    BalasHapus
  19. Tiara ade meylanie19 Desember 2016 19.29

    Saya sering ngantuk padahal udah tidur jam 9 malam, tapi tetap merasa ngantuk saat siang dan sore hari, juga saya sering merasa lelah kalau bekerja sedikit. Saya juga sering haus setiap saat...

    BalasHapus
  20. mkasih kak artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  21. Serem banget penyebab susah tidur tapi ngantuk yang no 3 bener-bener berbahaya soalnya bakal ngikut keturunan kita nanti. By hasan-joe

    BalasHapus
  22. hehehe kalo masih sering ngantuk berarti emang tukang tidur aja orangnya, wkwk

    BalasHapus
  23. Saya mau tanya, setiap malam saya sulit tidur, baru dapat tidur setelah jam 4 pagi, bangun sekitar jam 12siang. Ketika saya merasa mengantuk pada jam 10malam dan saya mencoba tidur, malah tidak nyenyak dan badan terasa sakit dan pegal. Mengapa begitu dan bagaimana mengatasinya?

    BalasHapus
  24. Saya mau tanya, setiap malam saya sulit tidur, baru dapat tidur setelah jam 4 pagi, bangun sekitar jam 12siang. Ketika saya merasa mengantuk pada jam 10malam dan saya mencoba tidur, malah tidak nyenyak dan badan terasa sakit dan pegal. Mengapa begitu dan bagaimana mengatasinya?

    BalasHapus
  25. Di kantor saya sering sekali mengantuk terlebih jika pekerjaan sedang kosong. Tapi pernah juga sedang tengah mengetik saya tiba tiba mengantuk. Memang jam tidur saya terkadang jam 9 tidur atau baru jam 10 tidur. Bagaimana mengatasinya?? Karena pernah walaupun saya tidur lebih awal saya tetap mengantuk keesokan harinya. Thanks

    BalasHapus
  26. saya sering ngantuk bahkan bisa tidur di tempat mana aja bisa 1hr full saya tidur tetapi anehnya ketika sudah tengah malam lewat saya tidak bisa tidur bahkan tidak ngantuk sama sekali

    BalasHapus
  27. Tau solusinya kurang piknik

    BalasHapus
  28. Saya mau bertanya, klo saya setiap kali kerja atau bawa kndaraan suka ngantuk yg sangat,hingga susah untuk di hindari rasa itu, terus mata saya itu sllu merah, apa penyebab dan bgai mna cara mengobatinya, trmksh

    BalasHapus
  29. Belakangan Ini Saya Suka Sekali Tidur . Padahal Dulu, Saya Hanya Tidur Waktu Malam Saja. Saya Tidur selalu dari jam 7 malam sampai 3 dini hari. Itu pun masih selalu ngantuk disekolah dan harus tidur lagi . Jika tidurnya tdk Lama Pasti Waktu Bangun Kepala Saya Langsung Sakit dan Mata Saya Suram2 Lihat Orang. Itu kenapa ya,Dok..

    BalasHapus
  30. Saya setiap pagi matanya ngantuk terus, kerjaan jadi terganggu. Pada hal kalau malam tidur cukup, mohon solusinya min

    BalasHapus
  31. Saya kerja mulau jam 5 sore sampe jam 7 pagi.. Stelah itu saya langsung tidur. Dan bangun kembali jam 4 sore.. Tetapi setiap jam 8 malem kok saya merasa ngantuk ya ? Ada solusi

    BalasHapus
  32. Saya kalau tdr Jam 9 atau 10 mlm, jam 2 Pgi itu sudah bngun, trus Gk bsa tdr lgi. Nanti pagi hari sekitar jam 7 atau 8 bru tdr dan bngun sekitar jam 2 atau 3 sore..
    Ini mungkin krn pola makan yg tdak teratur dan juga tdak pernah olahraga..
    Atau maybe insomania

    BalasHapus
  33. Saya kalau tidur sekutitar jam 10 bangunnya sekitar jam 7an. Nanti jam 10 atau 9 saya sudah ngantuk lagi. Trs tidur tapi cuma selitar 15 menitan. Nanti siang sekitar jam 1 itu saya sudah ngantuk lagi. Dan saat bangun pagi pasti badan saya terasa sakit dan pegal

    BalasHapus
  34. Sebelumnyan saya biasa tdur jam 11 bangun jam 2 tdur lg jam 4 bangun jam 5 untuk blajar tp knpa 5hri terakhir ini saya ngantuk terus pdhl tdur jam 8 bangun jam 8 disekolah sering ketiduran
    Mohon cara untuk mngatasi

    BalasHapus
  35. Saya tidur jm 10 paling lama jm 12:30 bngun paling lama jm 12 siang. Tpi saya masih merasa ngantuk dan lelah . kenapa dan cara apa yg efektif karna saya sudah bnyk makan sayur buah air dll. Tolong solusinya.terimakasih

    BalasHapus
  36. jaga jaga jangan sampai diabetes

    BalasHapus
  37. Kenapa saring ngantuk,sering sakit kepala, pusing. Solusinya y

    BalasHapus
  38. Saya sering tidur.satu hari bangun trus ngopi roko satu jam kantuk dateng lagi saya tidur sehari semalem lagi apakah berbahaya ada penyakit di tubuh saya dan juga saya minta solusinya

    BalasHapus
  39. saya tiap hari tidur kira kira jam 21.00-22.00, tidak lebih malam dari itu......tpi kadang klo lmbur mentok smpe jam 00.00.....hbis itu jam 05.00 udah bangun dlanjutkan dngan kgiatan kuliah. siangnya saya bisa tidur dari jam 13.00 smpe jam 15.30an, kalo gak ada jam sore. kalo dilihat dari jam tidur saya, itu pasti sudah cukup......tapi kok saya tetep ngantukan ya, seumpanya sya baringan bntar aja, kalo nyaman dikit saya bisa kterusan tidur. mlahan pernah satu hari saya tidur sampe 20jam (dalam keadaan sehat wal afiat), 4 jam bangun buat makan ama nyapu lantai doank. apakah hal trsebut normal?.....mengingat umur saya masih 20 tahun

    BalasHapus
  40. Mau tanya, ini saya seringkali merasa ngantuk. Pagi jam 10 atau jam 11 gitu sudah ngantuk lagi. Ini saya rasakan sejak SMA kelas 3 dulu dan saya sekarang sudah kuliah semester akhir.
    Saya sekarang sedang menjalankan program diet DEBM sih apa ada pengaruhnya ya ? Tapi saya tiap kali ketemu sama bantal gitu langsung pengen tidur aja bawaannya. Kenapa ya itu mohon penjelasannya.

    BalasHapus
  41. Saya sudah cukup untuk tidur malam
    Saat tidur siang mlah kyak ngantuk bnget mata mau melek aja susah sampai gk sadar udah tidur 3-4jam low
    Itu kenapa yaaaa ....
    Klau gk tidur siang malah pusinf

    BalasHapus
  42. Saya sering mengantuk saat mengendarai mobil. Pernah sempat tertidur tp untungnya hanya beberapa detik lgsg sadar. Tp aneh nya klo sepeda motor tidak. Hal ini saya rasakan setiap kali nyetir mobil. Pdhl tidur normal 9jam. Kira2 knp ya?

    BalasHapus
  43. itukah yang dinamakan insomnia? soal saya sering begitu sih, bingung juga

    SBOBET
    Judi Online
    Link Alternatif SBOBET

    BalasHapus
  44. Kami VIPQIUQIU99 AGEN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA mengadakan SEO Kontes 2 atau Kontes SEO 2 yang akan di mulai pada Tanggal 25 Januari 2018 - 25 April 2018 , dengan Total Hadiah Rp. 35.000.000,- Ikuti dan Daftarkan diri Anda untuk memenangkan dan ikut menguji kemampuan SEO Anda. Siapkan website terbaik Anda untuk mengikuti kontes ini. Buktikan bahwa Anda adalah Ahli SEO disini. Saat yang tepat untuk mengetest kemampuan SEOAnda dengan tidak sia-sia, hadiah kontes ini adalah Rp 35.000.000,-

    Tunggu apa lagi?
    Kontes SEO ini akan menggunaka kata kunci (Keyword) VIPQIUQIU99.COM AGEN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA Jika Anda cukup percaya akan kemampuan SEO Anda, silahkan daftarkan web terbaik Anda SEKARANG JUGA! Dan menangkan hadiah pertama Rp. 10.000.000. Keputusan untuk Pemenang Akan di tentukan dengan aturan kontes SEO yang dapat dilihat di halaman ini.

    Tunggu apa lagi? Ikuti kontes ini sekarang juga!

    CONTACT US
    - Phone : 85570931456
    - PIN BB : 2B48B175
    - SKYPE : VIPQIUQIU99
    - FACEBOOK: VIPQIUQIU99

    Agen Domino
    Domino Online
    Agen QQ
    QQ Online
    Judi Online
    Judi Domino

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK