Tidur merupakan salah satu aktivitas rutin yang dilakukan mahkuk hidup terutama manusia, mengistirahatkan tubuh dan pikiran di malam hari memang penting, karena dengan tidur di malam hari dapat membuat tubuh kembali segar bugar ketika bangun di pagi hari. sehingga kita akan lebih siap menghandapi tantangan atau kondisi yang berat dan melelahkan. kebalikanya jika kekurangan tidur bisa berdampak negatif bagi kesehatan tubuh, akibatnya tubuh akan lemas dan sulit berkonsentrasi.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan kita sering mengabaikan aktifitas tidur di malam hari seperti menonton acara televisi, curhat dengan teman sampai larut malam, mengerjakan tugas dan kegiatan lainnya.

akibat kurang tidur

Nah berikut adalah akibat kurang tidur, diantaranya:
  1. Anda yang setiap hari beraktifitas dengan berkendara memakai sepeda motor dan mobil, maka anda wajib memiliki jadwal istirahat yang cukup di malam hari. karena jika jam istirahat anda di malam hari kurang, maka anda akan kurang fokus saat menyetir kendaraan. Ini bisa membahayakan nyawa anda. sebuah penelitian di Amerika mengemukakan, bahwa kualitas tidur yang rendah bisa menyebabkan kecelakaan dan cedera saat bekerja.
  2. Menurunnya konsentrasi saat berpikir. Jika anda pelajar atau anda pekerja yang menggunakan pikiran untuk bekerja, maka terganggunya konsentrasi saat belajar atau bekerja bisa membuat anda stress.

  3. Tubuh akan rentan terkena berbagai penyakit yang mematikan seperti penyakit jantung, stroke, darah tinggi sampai diabetes. Anda tidak mau bukan hal ini sampai terjadi ?
  4. Mempengaruhi emosional yaitu sering marah-marah tidak jelas, kelihatan murung dan sering mengalami stress disela aktifitas anda sehari-hari.
  5. Kulit terlihat pucat dan kusam serta kerutan halus akan nampak pada kulit serta kantung mata yang membengkak.
  6. Sering merasa lupa untuk mengingat barang-barang yang anda letakan sendiri.
  7. Akibat kurang tidur yang terakhir adalah obesitas atau kegemukan. Beberapa orang meyebutkan kurang tidur bisa mengurangi berat badan, jelas saja hal ini tidak benar. Karena saat kita terjaga dimalam hari maka hasrat atau nafsu makan kita akan meningkat, sehingga membuat perut kita akan merasa lapar. Kebiasan makan atau sekedar ngemil dimalam hari bisa mengakibatkan kegemukan atau obesitas.

sumber: manfaat.co

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK